PERBEDAAN MESIN 4 TAK DENGAN MESIN 2 TAK
Makanan apa sih 4 tak 2 tak itu? Bukan makanan tentunya ya. Mesin-mesin kendaraan bermotor yang berbahan bakar minyak ada dua jenisnya. Ya, yaitu mesin 4 tak atau 4 langkah atau 4 stroke dan mesin 2 tak atau 2 langkah atau 2 stroke.
Mesin 4 tak lah yang paling banyak digunakan di kendaraan, karena selain ramah lingkungan juga irit bahan bakar. Mesin 4 tak dapat dijumpai di motor2 bebek, motor2 laki, motor sport, moge atau motor gede dan juga dipasang di mobil-mobil hingga truk dan bus.
Nah, di mobil itu nanti ada dua jenis mesin lagi, mesin bensin dan mesin disel, keduanya sama-sama 4 tak, namun cara pembakaran bahan bakarnya lain. Nah kalo untuk mesin 2 tak sendiri saat ini hanya dijumpai di mesin motor.
Nah, yang dimaksud langkah pada suatu mesin itu sebenarnya langkah apa sih? Jika pada mesin 4 tak, untuk melakukan kerja diperlukan 4 langkah, dan hal itu memerlukan proses, diantaranya:
– empat kali naik turun piston
– dua kali rotasi (720 derajat)kruk as atau crankshaft
– satu putaran (360 derajat) noken as atau camshaft
*wah mas opo iku piston,kruk as karo kamsaf? Tenang2 udah tak jelasin di blog sebelumnya kan…
Lha kalo 2 tak piye mas?? Lha njuk pie mas?? Kie kepriwe kepriben urusane mas??!!
Diam semuanya!!
Untuk informasi lebih lanjut cekidot aja ni di bawah…
Terima Kasih Mas, saya orang awam yang baru mau belajar tentang mesin mobil, semoga amal Mas dibalas oleh Yang Maha Kuasa, saya buerniat mau belajar lebih lanjut sangat terbantu dengan blog Mas
Saya salut sama Mas yang tidak pelit dengan ilmu yang mau berbagi ikhlas dengan orang lain semogoma menjadi amal yang besar disisi Yang Maha Agung dan mendapat ganjaran sorga dikehidupan berikut…….Aamiin……..!
amiin amiin mas, terimakasih doanya..
selama ada yang bisa saya bagi, akan saya bagi kepada yang membutuhkan..
semoga bermanfaat.
saya senang jika tulisan saya bisa berguna bagi orang lain.
trmaksh bgt mas atas infonyua…
berguna banget mas
oke
Assalamualaikum bang, aku cah awam nek masalah mesin motor, pengen sinau nah kebetulan nemu blog e jenengan, tambah pengetahuan. maternuwun bang….menisan aku ape takon motor nek di stater kok mesine abane tek tek tek tek banter ngunuku kiro-kiro apane bang….? sederengen maternuwun …..
walaikumsalam bang,
yo syukur2 nek iso nambah pengetahuane
nek abane tek2 kui iso teko
klep
kamprat
piston
bekne ono gejala liyane maneh sebutno ae cek gampang lehku ndiagnosa.
suwun den kelik ats infone he..he
siiiiipt… bermanfa’at juga buat saya mas…
matur sembAh nuwun (5rb ae g usah akeh2) mas br0w. . . .
, sm0ga amaL dan ibAdah anda di terima Tuhan YME..
, seLamat jaLan teman sm0ga kaO tenang, smuA cAnda tawa U takan pRnah hiLang dLm stiap Lgkah kaO sLaLu ada, , hingga kni q tak pRcAya kaO tLah tiada… 😦
, , m0h0n d0a nya bez0g saya jam 8am WITA ada panggiLan interview dr pRusaha.an t0L0ng d0ain di terima yaa.. 😦
bosss… di ksih gambarx sklian bisa t bos..
‘trimakasih atas info’a mas,sgt brmnfaat bgt bwat sya yg bru blajar dunia otomotif.. 😀
trimakasih ya mas akhirnya saya dapat pengetahuan walaupun haya setumpukan kecil
tlng bantu aku belajar bengkel hnda .aku kepengin bs jd mekanik biar bs usaha sendri ,tlng bntu aku