Hari gini emang harus irit, jadi hal yang bisa dikerjain sendiri ga perlu minta bantuan orang lain dong. Begitu juga nyervis motor, kalo bisa sendiri kenapa enggak? Selain bisa dilakukan kapan saja, minim biaya, nambah ilmu dan yang paling penting terhindar dari mekanik nakal atau tengil.
Tapi mungkin ini tidak berlaku bagi motor baru, baru yang saya maksud adalah baru dari dealer tangan pertama, bukan baru beli motor second, baru minjem dari temen atau baru saja berhasil mencuri. Motor baru yang masih garansi servis resmi n oli gratis, mending servisin ke dealer aja.
Ni soalnya ada kaya ginian, sayang kalo ga dimanfaatin…

25 point service yamaha

25 point service yamaha


Ga kliatan ya?hehe

Saya akan berbagi ilmu dan mungkin bisa jadi forum diskusi, tanya jawab dan lain2.
Yang saya akan diskusikan adalah tentang merawat atau menyervis tunggangan tanpa harus ke bengkel. Yang akan saya tulis lebih fokus ke motor, fokus lagi ke mesin 4 tak, fokus lagi ke jupiter z karena itu tunggangan ane, hehe….
(kenapa judulnya ga sekalian CARA SERVIS SENDIRI JUPITER Z?)
Kidding, ini universal, berlaku untuk mesin apapun, tinggal penyesuaian aja…

Oh iya, sebelumnya saya mau menyapa dulu, salam super untuk semua pembaca sekalian yang budiman….

budiman

budiman

efisiensi,

efisiensi

efisiensi

sinar jaya,

SinarJaya

SinarJaya

sumber alam,

sumberalam

sumberalam

sumber kencono (stooop), hehe…jadi bis…

sumber-kencono

sumber-kencono

Wokee, lets begin…
Bukan rahasia lagi kalau banyak mekanik yang sering mengakali kita, suruh ganti ini itu (please go to hell) padahal parts kita masih prima, n yang paling bikin jengkel, parts yang udah diganti (yang mungkin masih prima) ga dikasih ke kita, melainkan masuk kantong dia (aku ga habis pikir kalo yang disuruh ganti knalpot kita, mau masuk kantong mana itu?,hehe). Jadi males ke bengkel, apalagi kalau garapannya kasar dan jelek (go to deeper hell!!).

So emang lebih baik kalu kita tau motor kita, selain bisa nambah ilmu, tau gejala kerusakan sekecil apapun yang bisa mempengaruhi kinerja motor, hemat, ga kena tipu n bakal lebih disayang motor??(my bike is my wife, valentino rossi said), motor jadi nurut dan enak dipake maksudnya.

my bike is my wife

my bike is my wife

Berikut ini point penting yang perlu diperhatikan untuk servis ringan by yourself:

1. O.L.I (Oooh Licin Iniii) mesin
Yak, emang berfungsi sebagai pelicin (tapi bukan pewangi, lu kira RA*IKA).
Namun apakah Anda tau bahwa oli bukan hanya sebagai media pelicin atau pelumas antara part2 mesin yang bergesekan? Yah, ternyata oli juga berfungsi sebagai peredam panas dan pengikat kotoran yang timbul ketika parts mesin bergesekan.
Karena penting sangat, harus diperhatikan betul betul betul kondisi oli.

– Cek KUANTITAS oli dengan cara cek ketinggian oli di stik indikator oli, jika kurang, wajib hukumnya untuk ditambah. Oli bisa berkurang karena menguap maupun merembes ke ruang bakar (kalo piston sudah aus, bisa dilihat asap putih yang keluar dari knalpot)

– Cek KUALITAS oli dengan melihat apakah oli sudah keruh, sudah sangat encer, kalo udah jelek, wajib hukumnya untuk diganti. Rekomendasi penggantian oli standar adalah 2000-3000Km, ambil tengahnya jadi 2500Km aja. Emang nek oli2 full sintetik katanya bisa sampek 50.000Km. Tp yo bulsit, kalau udah lebih dari 3000 ya performa turun (gigi sulit pindah, suara berisik, tarikan jelek).
Jadi lebih baik pake oli yang biasa saja, tapi sering diganti (daripade ente pusing2 nabung buat beli oli yang mahal, harus nyari oli yang bagus itu apa, n ente harus coba2 oli kaya ane, tp hasilnya enol). Mending pake yang menguntungkan bangsa dan kita (kita untung, bangsa untung!, hehe).

2. A.K.I
Yak, aki merupakan komponen sangat venting yang sering disepelekan. Aki menjadi alat vital (eh apa ya bahasanya, komponen yang sangat vital aja ah) pada mesin yang menganut sistem pengapian DC. Jika aki bermasalah, mesin juga bermasalah. Begitu juga sistem kelistrikan, lampu akan menjadi tidak terang, klakson kaya bunyi kentut.
Tips penting merawat aki:

– Cek ketinggian air. Jika kurang, tambahkan air (H2O) INGAT BUKAN H2SO4!!!

– Cek tegangan, apakah di atas 12Volt. Jika jauh di bawah 12V, harus disetrum (ambil arus dari SUTET aja biar cepet, cepet mati ente, :p )

– Pada pagi hari, gunakan kick starter supaya aki terisi listrik.
JANGAN paksakan memencet electric starter lebih dari 3 detik tanpa jeda! dan JANGAN pencet lebih dari 3 kali jika memang mesin tak mau nyala.

Cek aki secara rutin, ideal sebulan sekali, tapi kalo males ya 3 bulan sekali gapapa lah.

Nih ada info rinci merawat aki

https://rikkytijawz.wordpress.com/2011/01/28/cara-merawat-aki-dan-memahaminya/

3. BUSI
Busi merupakan piranti penting juga di dalam kinerja mesin. Busi adalah pemercik bunga api pembakar BBM di ruang bakar. Jika mesin batuk2, tersendat2 kaya sakratul maut, jangan bingung, apalagi dibacain doa, coba dicek kondisi busi.

– Bersihkan busi dari kotoran dan kerak yang menempel menggunakan bensin.

– Cek dan setel jarak elektroda busi ideal 0,7mm kayanya.

– Cek warna busi, apakah merah bata, putih berkerak, hitam berjelaga atau hitam basah atau emas, eh tunggu, kalo warnanya emas coba ente bawa ke bakul emas, tanyain emas betulan bukan,kekeke..
Idealnya, warna busi adalah merah bata, ini menunjukkan pembakaran yang baik dengan arti suplai bahan bakar dan udara ideal.

– Cek percikan api, apakah masih besar atau tidak. Caranya, pasangkan busi pada chop busi, kemudian dekatkan ke blok mesin, lalu engkollah kick starter atau pencet aja electric starter, jika masih memercik ya masih agak bagus lah. Atau kalo mau cara ekstrim pegang aja tu busi sambil di starter, bakalan terasa geli-geli tapi mungkin akhirnya nanti mati, yang mati ente bukan businya, kekeke…
Kalo busi udah keliatan jelek atau meskipun udah dibersihin tapi mesin masih batuk2, ganti aja.

4. Karburator (konvensional) atau Throttle Body (injeksi/EFI)
Yak inilah bagian yang mempengaruhi performa motor, kalau piranti pencampur dan pengabut udara dan bakar ini kotor, maka mesin tidak mau teriak maksimal. So, BERSIHKAN jika kotor, jika tidak mau repot membuka2, semprotkan saja CARBURETOR CLEANER (beli yang mahal, jangan yang ecek2 apalagi esex2) ke venturi atau nama lainnya lubang masuk karburator/throttle body dan ke lubang busi. Jangan lupa juga bersihkan filter udaranya dan gantilah jika sudah terlihat usang dan tidak bisa dibersihkan.

5. Cek rantai dan gear set (final gear n sprocket).
Cek dan atur kekencangan rantai. Berikut hukum pengaturan rantai:

– Jika rantai melambay2, kencangkanlah.
– Jika rantai kencangnya, lebay, kendurkanlah.
– Jika rantai kering, lumasilah. Pake chainlube lah jangan oli bekas lah (sedikit aja lah, jangan lebay2 lah).
– Jika rantai sudah tidak bisa disetel (jika diputar ada yang kencang ada yang kendur), rantai bunyinya lebay dan gear sudah tajam2, maka buanglah dan yang baru belilah.

Setelan rantai yang pas akan membuat rantai dan gear awet serta membuat perpindahan gigi empuk dan tarikan pas mantap.

Dengan 5 poin di atas motor Anda akan berasa baru terus, tapi itu lagi2 tergantung cara panjenengan memperlakukan dan menggeber motor Anda. Sayangi dan rawat motor Anda sebagaimana mereka telah membesarkan Anda,,lhooo salah-salah…

Berikut cara menyayangi motor:

1. PANASKAN mesin sebelum motor diajak jalan2 ga perlu lama, 1 menit sangatlah cukup. Tapi ada beberapa point penting yang orang sering salah kaprah. Yaitu:

Ga perlu lama, yang penting cara memanaskannya.

TARIK CHOKE biar mesin mudah menyala dan supaya piston mendapat suplai BBM yang cukup (piston yang miskin bensin akan cepat rusak!!). Jika pada mesin yang sudah menganut sistem injeksi, biasanya choke diaktifkan secara otomatis (terasa dengan langsamnya mesin). tutup choke jika sudah tidak mbrebet atau dirasa cukup. Pada choke otomatis, ia akan mati sendiri (kelangsaman kembali normal).

Jangan geber2 motor saat memanaskan (merusak piston!), ini tidak perlu, cukup dichoke dan biarkan 1 menit.

– Hidupkan mesin pertama kali dengan engkol, bukan electric starter.

2. Lakukan akselerasi dan deakselerasi (buka dan tutup gas serta pengereman) secara lembut dan bertahap. Selain akan membuat BBM irit juga motor awet.

3. Pakai BBM yang sesuai dengan nilai kompresi mesin. Makin tinggi oktan belum tentu baik untuk mesin motor Anda.

Yaudah, selanjutnya, jangan lupa pompa ban, biar ga’ geemmbooosss.
Ganti sparepart yang rusak pake yang asli.
Berikut anjuran penggantian sparepart, tapi ini mah tergantung kondisi part panjenengan, jangan mau diboongin anak kecil, bilang aja oooo tidak bisa…

rekomendasi penggantian parts

rekomendasi penggantian parts

Keep safety riding, fast but safe. Jangan lupa pake helem ya.
Maaf jika kata2 kurang berkenan, aneh, ga jelas, ga penting, lebay, jayus dll.

Ingin tau kinerja mesin dan parts di dalamnnya secara lengkap?
Klik ini

https://rikkytijawz.wordpress.com/2010/07/29/perbedaan-mesin-4-tak-dan-2-tak/

Juga ini

https://rikkytijawz.wordpress.com/2010/07/03/belajar-dan-mengenal-fungsi-dan-komponen-atau-bagian-mesin-kendaraan-bermotorwah-judule-ribet/