Hari gini emang harus irit, jadi hal yang bisa dikerjain sendiri ga perlu minta bantuan orang lain dong. Begitu juga nyervis motor, kalo bisa sendiri kenapa enggak? Selain bisa dilakukan kapan saja, minim biaya, nambah ilmu dan yang paling penting terhindar dari mekanik nakal atau tengil.
Tapi mungkin ini tidak berlaku bagi motor baru, baru yang saya maksud adalah baru dari dealer tangan pertama, bukan baru beli motor second, baru minjem dari temen atau baru saja berhasil mencuri. Motor baru yang masih garansi servis resmi n oli gratis, mending servisin ke dealer aja.
Ni soalnya ada kaya ginian, sayang kalo ga dimanfaatin…
Ga kliatan ya?hehe
Saya akan berbagi ilmu dan mungkin bisa jadi forum diskusi, tanya jawab dan lain2.
Yang saya akan diskusikan adalah tentang merawat atau menyervis tunggangan tanpa harus ke bengkel. Yang akan saya tulis lebih fokus ke motor, fokus lagi ke mesin 4 tak, fokus lagi ke jupiter z karena itu tunggangan ane, hehe….
(kenapa judulnya ga sekalian CARA SERVIS SENDIRI JUPITER Z?)
Kidding, ini universal, berlaku untuk mesin apapun, tinggal penyesuaian aja…
Oh iya, sebelumnya saya mau menyapa dulu, salam super untuk semua pembaca sekalian yang budiman….
efisiensi,
sinar jaya,
sumber alam,
sumber kencono (stooop), hehe…jadi bis…
Wokee, lets begin…
Bukan rahasia lagi kalau banyak mekanik yang sering mengakali kita, suruh ganti ini itu (please go to hell) padahal parts kita masih prima, n yang paling bikin jengkel, parts yang udah diganti (yang mungkin masih prima) ga dikasih ke kita, melainkan masuk kantong dia (aku ga habis pikir kalo yang disuruh ganti knalpot kita, mau masuk kantong mana itu?,hehe). Jadi males ke bengkel, apalagi kalau garapannya kasar dan jelek (go to deeper hell!!).
So emang lebih baik kalu kita tau motor kita, selain bisa nambah ilmu, tau gejala kerusakan sekecil apapun yang bisa mempengaruhi kinerja motor, hemat, ga kena tipu n bakal lebih disayang motor??(my bike is my wife, valentino rossi said), motor jadi nurut dan enak dipake maksudnya.
Berikut ini point penting yang perlu diperhatikan untuk servis ringan by yourself:
1. O.L.I (Oooh Licin Iniii) mesin
Yak, emang berfungsi sebagai pelicin (tapi bukan pewangi, lu kira RA*IKA).
Namun apakah Anda tau bahwa oli bukan hanya sebagai media pelicin atau pelumas antara part2 mesin yang bergesekan? Yah, ternyata oli juga berfungsi sebagai peredam panas dan pengikat kotoran yang timbul ketika parts mesin bergesekan.
Karena penting sangat, harus diperhatikan betul betul betul kondisi oli.
– Cek KUANTITAS oli dengan cara cek ketinggian oli di stik indikator oli, jika kurang, wajib hukumnya untuk ditambah. Oli bisa berkurang karena menguap maupun merembes ke ruang bakar (kalo piston sudah aus, bisa dilihat asap putih yang keluar dari knalpot)
– Cek KUALITAS oli dengan melihat apakah oli sudah keruh, sudah sangat encer, kalo udah jelek, wajib hukumnya untuk diganti. Rekomendasi penggantian oli standar adalah 2000-3000Km, ambil tengahnya jadi 2500Km aja. Emang nek oli2 full sintetik katanya bisa sampek 50.000Km. Tp yo bulsit, kalau udah lebih dari 3000 ya performa turun (gigi sulit pindah, suara berisik, tarikan jelek).
Jadi lebih baik pake oli yang biasa saja, tapi sering diganti (daripade ente pusing2 nabung buat beli oli yang mahal, harus nyari oli yang bagus itu apa, n ente harus coba2 oli kaya ane, tp hasilnya enol). Mending pake yang menguntungkan bangsa dan kita (kita untung, bangsa untung!, hehe).
2. A.K.I
Yak, aki merupakan komponen sangat venting yang sering disepelekan. Aki menjadi alat vital (eh apa ya bahasanya, komponen yang sangat vital aja ah) pada mesin yang menganut sistem pengapian DC. Jika aki bermasalah, mesin juga bermasalah. Begitu juga sistem kelistrikan, lampu akan menjadi tidak terang, klakson kaya bunyi kentut.
Tips penting merawat aki:
– Cek ketinggian air. Jika kurang, tambahkan air (H2O) INGAT BUKAN H2SO4!!!
– Cek tegangan, apakah di atas 12Volt. Jika jauh di bawah 12V, harus disetrum (ambil arus dari SUTET aja biar cepet, cepet mati ente, :p )
– Pada pagi hari, gunakan kick starter supaya aki terisi listrik.
JANGAN paksakan memencet electric starter lebih dari 3 detik tanpa jeda! dan JANGAN pencet lebih dari 3 kali jika memang mesin tak mau nyala.
Cek aki secara rutin, ideal sebulan sekali, tapi kalo males ya 3 bulan sekali gapapa lah.
Nih ada info rinci merawat aki
https://rikkytijawz.wordpress.com/2011/01/28/cara-merawat-aki-dan-memahaminya/
3. BUSI
Busi merupakan piranti penting juga di dalam kinerja mesin. Busi adalah pemercik bunga api pembakar BBM di ruang bakar. Jika mesin batuk2, tersendat2 kaya sakratul maut, jangan bingung, apalagi dibacain doa, coba dicek kondisi busi.
– Bersihkan busi dari kotoran dan kerak yang menempel menggunakan bensin.
– Cek dan setel jarak elektroda busi ideal 0,7mm kayanya.
– Cek warna busi, apakah merah bata, putih berkerak, hitam berjelaga atau hitam basah atau emas, eh tunggu, kalo warnanya emas coba ente bawa ke bakul emas, tanyain emas betulan bukan,kekeke..
Idealnya, warna busi adalah merah bata, ini menunjukkan pembakaran yang baik dengan arti suplai bahan bakar dan udara ideal.
– Cek percikan api, apakah masih besar atau tidak. Caranya, pasangkan busi pada chop busi, kemudian dekatkan ke blok mesin, lalu engkollah kick starter atau pencet aja electric starter, jika masih memercik ya masih agak bagus lah. Atau kalo mau cara ekstrim pegang aja tu busi sambil di starter, bakalan terasa geli-geli tapi mungkin akhirnya nanti mati, yang mati ente bukan businya, kekeke…
Kalo busi udah keliatan jelek atau meskipun udah dibersihin tapi mesin masih batuk2, ganti aja.
4. Karburator (konvensional) atau Throttle Body (injeksi/EFI)
Yak inilah bagian yang mempengaruhi performa motor, kalau piranti pencampur dan pengabut udara dan bakar ini kotor, maka mesin tidak mau teriak maksimal. So, BERSIHKAN jika kotor, jika tidak mau repot membuka2, semprotkan saja CARBURETOR CLEANER (beli yang mahal, jangan yang ecek2 apalagi esex2) ke venturi atau nama lainnya lubang masuk karburator/throttle body dan ke lubang busi. Jangan lupa juga bersihkan filter udaranya dan gantilah jika sudah terlihat usang dan tidak bisa dibersihkan.
5. Cek rantai dan gear set (final gear n sprocket).
Cek dan atur kekencangan rantai. Berikut hukum pengaturan rantai:
– Jika rantai melambay2, kencangkanlah.
– Jika rantai kencangnya, lebay, kendurkanlah.
– Jika rantai kering, lumasilah. Pake chainlube lah jangan oli bekas lah (sedikit aja lah, jangan lebay2 lah).
– Jika rantai sudah tidak bisa disetel (jika diputar ada yang kencang ada yang kendur), rantai bunyinya lebay dan gear sudah tajam2, maka buanglah dan yang baru belilah.
Setelan rantai yang pas akan membuat rantai dan gear awet serta membuat perpindahan gigi empuk dan tarikan pas mantap.
Dengan 5 poin di atas motor Anda akan berasa baru terus, tapi itu lagi2 tergantung cara panjenengan memperlakukan dan menggeber motor Anda. Sayangi dan rawat motor Anda sebagaimana mereka telah membesarkan Anda,,lhooo salah-salah…
Berikut cara menyayangi motor:
1. PANASKAN mesin sebelum motor diajak jalan2 ga perlu lama, 1 menit sangatlah cukup. Tapi ada beberapa point penting yang orang sering salah kaprah. Yaitu:
– Ga perlu lama, yang penting cara memanaskannya.
– TARIK CHOKE biar mesin mudah menyala dan supaya piston mendapat suplai BBM yang cukup (piston yang miskin bensin akan cepat rusak!!). Jika pada mesin yang sudah menganut sistem injeksi, biasanya choke diaktifkan secara otomatis (terasa dengan langsamnya mesin). tutup choke jika sudah tidak mbrebet atau dirasa cukup. Pada choke otomatis, ia akan mati sendiri (kelangsaman kembali normal).
– Jangan geber2 motor saat memanaskan (merusak piston!), ini tidak perlu, cukup dichoke dan biarkan 1 menit.
– Hidupkan mesin pertama kali dengan engkol, bukan electric starter.
2. Lakukan akselerasi dan deakselerasi (buka dan tutup gas serta pengereman) secara lembut dan bertahap. Selain akan membuat BBM irit juga motor awet.
3. Pakai BBM yang sesuai dengan nilai kompresi mesin. Makin tinggi oktan belum tentu baik untuk mesin motor Anda.
Yaudah, selanjutnya, jangan lupa pompa ban, biar ga’ geemmbooosss.
Ganti sparepart yang rusak pake yang asli.
Berikut anjuran penggantian sparepart, tapi ini mah tergantung kondisi part panjenengan, jangan mau diboongin anak kecil, bilang aja oooo tidak bisa…
Keep safety riding, fast but safe. Jangan lupa pake helem ya.
Maaf jika kata2 kurang berkenan, aneh, ga jelas, ga penting, lebay, jayus dll.
Ingin tau kinerja mesin dan parts di dalamnnya secara lengkap?
Klik ini
salam kenal mas bro 😀
hayuuuk berani overhaull ga? dibelah habis, partnya diacak2 dalam kardus, trus dirakit lagi sampai nyala salam buat ngayogjokarto mas Dab! 😀
ya salam kenal juga, ayolah berani aja, tapi motor panjengengan kemawon nggeeH??
:p
met kenal ya bro.. 🙂
motornya apa nih btw.. punya foto warna busi ideal ga ? krn. busi motor sy elektroda tengahnya agak putih trim’s 😳
http://willykk.wordpress.com
warna busi ideal adalah warna merah bata atau item yang bersih, g putih juga ga item arang..
kalo putih brati bensin terlalu kering,
kalo item arang berjelaga dan bsah brati keborosan atw gemuk.
nek foto nanti coba ta update.
wah bgs bgt nih infonya…
semoga bermanfaat
lam kenal mas,bang, om, gan, dlsbgy…
mau tanya, kalo merawat klep (valve) gimana?
ya lam knal jg bro.
perawatan valve mnurut saya tdk ada yg spesifik.
ya asalkan jangan telat ganti oli saja.
n kalo nyari klep, pilih bahan yang berkualitas.
mantab gan, bs d aplikasihan bwt ane yg lg ngirit nih hehehe…
yoi,sekalian belajar..
Terima kasih infonya.. ^^ apa bahan bakar juga berpengaruh sama ketahanan mesin ? sekarang kan ada premium, pertamaxx, pertamaxx plus, pertamax plus plus, yang aku tahu kalo mesin pake pertamax awet ya.. tapi ada juga yang bilang cepet puanass… jadi hati hati kalo kepanasan…
iya berpengaruh, mesin dengan kompresi tinggi, jika dipaksa mengonsumsi BB beroktan rendah akan terjadi detonasi (ngelitik) yang terkadang kita tidak mendengar.
itu membuat piston mendapat tekanan besar sebelum langkah usaha.
emangnya oli yang cocok buat motor jadul itu yg SAE berapa? 20/40 atau20/50 motorku crypton 98′
kalau motor tua sebaiknya pake oli yang agak kental.
sepengetahuanku pake yang 20/40 udah cukup.
wah,, keren gan…oya, klo starter nya yang bandel gmn ya?? aki ok, cuman bagian yang bunyi pada waktu starter itu yang agak bandel gmn?? mhon bantuannya..
tHX Infonya Mas..!! Bener kata ente..service di bengkel bukan di kerjain..tp lbh pas mekaniknya ” SO TAU..
Tolong Ane nichh.. mungkin ane yg terlallu pcy ma yg service. Motor ane jg JUPITER Z th.2010. Ane kaya dikerjain sm 7 bengkel..:) . klw dari bengkel 2 hari masih OKE.. hr2 berikutnya ngadat lg.. masalahnya slalu sama. Motor ane susah di stater..Cpt Panas..( ACCU dah 3 x suruh ganti..KIPROK dah 5 x..SEPUL suruh Ganti ..Ane ganti..sampai sikring And Electrik Staternya ganti 2 x…TOLOOOONG Mas Yg Ganteng..Gimana solusinya. kalau ganti2 terus mendingan ane kerjasama sama ente buka shorum parts second aja nihh..Grrrrrrr…
thx Mas Gan…!! Please Help Me…
O.
Lam kenal gan, ni da masalah ma motor jupiter ane,putar tinggi kurang kurang gereeng.Tanks
Lam kenal gan, ni da masalah ma motor jupiter ane,putaran tinggi kurang gereeng.Tanks
wah infoe apigk mas… ijin langsung praktek nggehhh…. he he heeeeee
halow mas brow slm knl bgimna cara mrwt mtor jupe z 2007 spaya gak lemot lari nya
trimakasih ya
Lam knl mas.gan.bang dll…sy.ane..mo nmpg tanya nih.mtr sy ymh jptr z th 2008..kmrn hbs certis bsr.trs ggl krn tarikn brt.n skrg sy servis lg tp lain bgkl.kt’y plt+rmh+krt kplg dh kena….oke…stlh slsai servis ada sdkt kndla.suara rotasi msn agak ksr trs ada suara ngeklok sdkt…kr”apa’y n bgmn cr memperbaiki’y….? Trim’s atas jwbn’y
Tulisan ngocol bikin gak bosen untuk dibaca.
Gokiel Banget Nieh … ! Mas mau nanya kalaw turun mesin tapi pada saat di pasang masih merekbett salahnya dimana yahhh ?
aq gak terlalu tau tentang motor,,
tapi aq tau yang nulis lebay
hahaha
Mas brow crane tambah cc ndak mtor fiz r gmana.
mas,,klau busi yg cocok buat speda sya jupiter z merek pha,,dn pemakaian oli yg cocok buat motor saya, berapa ? 2000 km-3000 km ,,, apa apa sampai di atas 3000 km itu tha mas,,???????
semua busi cocok kok, bilang aja buat jupi z
ada merek denso n ngk seringnya
lebih baik sering ganti oli daripada nyari oli yang ber embel2 bisa sampai bla bla bla km
Saya cari informasi mengenai servis RPM Yamaha RXZ, karena RPM motor saya jarumnya mati meskipun mesin dihidupkan bagaimana ya cara servicenya, & kira2x dimana penyebab kerusakaannya?
Kenapa RPM RXZ kalo dipasang di RX-King tidak bisa awet? Supaya awet harus bagaimana ya? RPM tsb mati pada saat saya kena/kejeblos lobang…
Terima kasih untuk pencerahan-nya mas Brow…
(Syukur2x di reply via email saya)
makasih ya atas info nya….
mantap pakde brow
pemakaian oli motor itu maximal berapa bulan…???
baiknya 3 bulan sekali diganti, tapi sebagian orang ada yang berdasarkan jarak tempuh
Motorku jg jupi bang, jupi ijauu 😀
postingan anda sangat membantu+sangat menghibur pak… hahahaha…
syukur kalo gitu haha
bro mau numpang tanya
*gimana sih cara nyetel gas ma angin yg bagus. ? Thanks
tu feeling bro, penuh dengan perasaan, jadi kalo orang yang ga punya perasaaan ga bakal bs nyetel
wkwkwkwk
gini bro, setelan langsam posisikan agak tinggi
nah kalo udah puter baut angin ke arah searah jarum jam sampai mentok smpai mesin mau mati (mungkin mti)
kalo udah, puter berlawanan jarum jam bertahap
rasain tu plintiran2 kira2 rpm mesin naik.
kalo aturannya jangan lebihh dari 1,5 putaran ke kiri.
semoga sukses!
slm knl masbrow,, ane mau tanya nih masbrow, cara ngoper gigi yg baik n benar itu gimana dan jarak pengoperannya berapa ? terima kasih
feeling aja brow, kalo kira2 dah mencapai torsi yang cukup, segera dioper.
masing2 mesin beda2, mungkin bisa dibaca di buku petunjuk penggunaan.