Ban merupakan perangkat vital bagi kendaraan bermotor, tanpanya kendaraan tidak dapat melaju. Ban merupakan satu-satunya bagian dari kendaraan yang bersinggungan langsung dengan jalan (kecuali kalo ente ngerem pake sepatu ente).

Seiring dengan pemakaian ban akan mengalami keausan. Kalau si rider ga suka dengan kecepatan, mau ban sampe gundulnya kaya apa juga ga masalah. Tapi bagi para speedfreaks, kehilangan grip ban satu detik saja bisa menyebabkan ndlosor.

Ketika ban sudah mulai kehilangan grip, jangan langsung diganti, cek secara visual terlebih dahulu. Sayang kan jika kembangan masih bagus tapi udah harus dibuang? Kembangan bagus tapi sudah ga nggigit disebabkan oleh komponnya yang udah kedaluarsa dan jadi keras.

Hal ini banyak terjadi jika umur ban telah melampaui 3 tahun. Padahal kita pake baru setengah tahun, yap betul sekali kelamaan nyimpen di toko yang jual. Jadi kalau mau beli ban baru, dilihat dulu ya kode waktu pembuatannya, jangan mau diboongin.

kodeban
Ini kode ban yang nunjukin minggu dan tahun pembuatan

Disitu tertera kode 3209, nah artinya ban diproduksi pada minggu ke tiga puluh dua (32) tahun dua ribu sembilan (09). Berikut ada pesan dari sponsor

HTMIMG2011428_104320
B O N U S

Kembali lagi ke topik, ban yang udah kedaluarsa aka kompon keras aka ga nggigit bisa dibikin nggigit lagi dengan cara memanaskannya. Tentu tidak dengan digoreng, direbus, apalagi dibakar (loe pikir demo?) Pernah lihat balapan formula 1 dan moto gp kan? Kenapa sebelum balapan ban dibungkus tire warmer dan sebelum start dilakukan warm up lap? Tentu hal ini bertujuan melunakkan kompon agar lebih nggigit ke aspal.

Nah karena kita ga lagi balapan dan tentunya kita ga punya tire warmer, kita bisa siasati memanaskan ban dengan cara burn out. Cara ini lebih cenderung ke ban belakang sepeda motor. Udah tau kan apa itu burn out? Itu lho yang sering akang Valentino Rossi lakukan ketika jadi pemenang.

2004_rossi_burnout
Cak Ross lagek mbern out

Nah karena tujuan kita adalah melunakkan kompon bukan untuk menghabiskan ban, jangan lama2 nge burn out in nya yaa. Cukup sekiranya udah keluar asap n bau karet, udahan. Setelah itu cobalah rebahan ala motogp.

valentino-rossi-nikung-tajeemmmm
Nikung coy

“terus kalo buat ban depan gimana gan?”

Kalo buat ban depan saya rekomendasi langsung diganti kalo dah ga nge grip, karena ini fatal banget akibatnya, ane dah pernah ngalami ndlosor karena ban depan ngunci. Bisa si dipanasi dengan cara jalan dengan selalu menekan rem depan, tapi alih2 manasin ban, kampas rem dan tangan kanan ente yang bejad.

BONUS

nice
Special thanks to Novita Yuriah yang setia menunggu ane burn out plus fotoin…bighug

Advertisements