Latest Entries »

Ban merupakan perangkat vital bagi kendaraan bermotor, tanpanya kendaraan tidak dapat melaju. Ban merupakan satu-satunya bagian dari kendaraan yang bersinggungan langsung dengan jalan (kecuali kalo ente ngerem pake sepatu ente).

Seiring dengan pemakaian ban akan mengalami keausan. Kalau si rider ga suka dengan kecepatan, mau ban sampe gundulnya kaya apa juga ga masalah. Tapi bagi para speedfreaks, kehilangan grip ban satu detik saja bisa menyebabkan ndlosor.

Ketika ban sudah mulai kehilangan grip, jangan langsung diganti, cek secara visual terlebih dahulu. Sayang kan jika kembangan masih bagus tapi udah harus dibuang? Kembangan bagus tapi sudah ga nggigit disebabkan oleh komponnya yang udah kedaluarsa dan jadi keras.

Hal ini banyak terjadi jika umur ban telah melampaui 3 tahun. Padahal kita pake baru setengah tahun, yap betul sekali kelamaan nyimpen di toko yang jual. Jadi kalau mau beli ban baru, dilihat dulu ya kode waktu pembuatannya, jangan mau diboongin.

kodeban
Ini kode ban yang nunjukin minggu dan tahun pembuatan

Disitu tertera kode 3209, nah artinya ban diproduksi pada minggu ke tiga puluh dua (32) tahun dua ribu sembilan (09). Berikut ada pesan dari sponsor

HTMIMG2011428_104320
B O N U S

Kembali lagi ke topik, ban yang udah kedaluarsa aka kompon keras aka ga nggigit bisa dibikin nggigit lagi dengan cara memanaskannya. Tentu tidak dengan digoreng, direbus, apalagi dibakar (loe pikir demo?) Pernah lihat balapan formula 1 dan moto gp kan? Kenapa sebelum balapan ban dibungkus tire warmer dan sebelum start dilakukan warm up lap? Tentu hal ini bertujuan melunakkan kompon agar lebih nggigit ke aspal.

Nah karena kita ga lagi balapan dan tentunya kita ga punya tire warmer, kita bisa siasati memanaskan ban dengan cara burn out. Cara ini lebih cenderung ke ban belakang sepeda motor. Udah tau kan apa itu burn out? Itu lho yang sering akang Valentino Rossi lakukan ketika jadi pemenang.

2004_rossi_burnout
Cak Ross lagek mbern out

Nah karena tujuan kita adalah melunakkan kompon bukan untuk menghabiskan ban, jangan lama2 nge burn out in nya yaa. Cukup sekiranya udah keluar asap n bau karet, udahan. Setelah itu cobalah rebahan ala motogp.

valentino-rossi-nikung-tajeemmmm
Nikung coy

“terus kalo buat ban depan gimana gan?”

Kalo buat ban depan saya rekomendasi langsung diganti kalo dah ga nge grip, karena ini fatal banget akibatnya, ane dah pernah ngalami ndlosor karena ban depan ngunci. Bisa si dipanasi dengan cara jalan dengan selalu menekan rem depan, tapi alih2 manasin ban, kampas rem dan tangan kanan ente yang bejad.

BONUS

nice
Special thanks to Novita Yuriah yang setia menunggu ane burn out plus fotoin…bighug

Sepeda motor pada peradaban zaman penuh manusia ini memiliki fungsi yang sangat beragam.

Ada manusia yang menggunakan motor sebagai sarana transportasi, ada yang menganggapnya sebagai alat angkut, ada yang menungganginya untuk ajang kebut, cari cewek, menaikkan gengsi dan lain sebagainya.

Model sepeda motorpun saat ini sangat beragam, hampir tiap tahun masing-masing pabrikan mengeluarkan produk barunya.

Ada juga orang yang senang beli-beli sepeda motor baru kemudian menjualnya (jelas orang kaya tuh,atau makelar?wkwkwk).

Namun ada juga orang yang lebih suka dengan motor lama dan merawatnya dengan baik.

Kali ini akan dibahas tentang handling atau pengendalian sepeda motor yang kalo dipake suka meliuk-liuk dengan indahnya.

Mungkin Anda pernah mengalami kejadian (sliyut) pada setang kemudi ketika menunggangi sepeda motor dan melewati marka jalan ataupun jalan yang tidak rata aspalnya. Bagi orang awam pasti akan kaget dan bertanya, kenapa nih kuda besi gue?

Jeleknya aspal di dalam negeri (negeri mana?) membuat semua hal dapat terjadi ketika menaiki kendaraan di atasnya.

“terus cara menghilangkan geol/sliyut/nggeleyang pada motor bagaimana kepripun kepie keprihow mas?”

Faktor yang menyebabkan geol ada banyak, yaitu:

1. Ban jelek

2. Bearing aus

3. Shockbreaker mati/bocor sebelah

4. Karet support shocbreaker sobek

Kenapa saya menyimpulkan hal tersebut?yap,karena berdasarkan pengalaman.

Tunggangan ane adalah GL MAX 97 hitam manis bernama king maxy atau sering saya panggil maxy saja (bukan nama sebenarnya).

Saya menebus si maxy dari tangan 4L4Y dengan keadaan tampilan yang memilukan.

profil motor ceper, ban cacing, velg tipis, shock diturunin, can’t watch lah pokonya.

Tapi si 4L4Y ini tau msin kayanya, soalnya tenaga king maxy di atas rata2 maxy2 standar yang lain.

Karena sudah cinta dengan performa mesinnya, akhirnya saya putuskan untuk memaintenance dia secara perlahan (yang pelan2 itu lebih nikmat :p ).

Nah trouble yang dihadapi adalah handling maxy sering nggeol ketika melewati jalan tidak rata, parah deh pokonya.

Setelah diteliti oleh tenaga ahli (saya,halah) selama beberapa waktu akhirnya ketauan apa yang membuat nggeol.

Yang pertama adalah shocbreaker yang tidak imbang kiri dan kanan.

Di maxy shock kanan depan dan kiri belakang mati, akhirnya ke tukang service shock.

Alhasil shock depan kanan mati karena kehabisan oli (seal bocor) dan yang shock kiri belakang juga kehabisan oli.

So, yang depan diganti seal dan diisi oli lagi beres, nah yang belakang agak ribet.

Shock harus dikeluarkan dari pegas nya, kemudian dilukai tabungnya, dicelupin ke oli lalu ditarik batang shaft nya (persis ambil air pake suntikan). Makanya sering disebut nyuntik shock. Setelah dimasuki oli, luka lubang tadi disolder lagi supaya rapet dan wangi, eh rapet aja.

Karet support shock blakang juga dicek dan masih ok.

oke srvice selesai, 25K untuk seal shock depan dan ongkos total 50K, jadi beresnya adalah 75K.

Selesai service shock langsung ane tancep gas gan, coba meliuk-liuk ala valentino rossi,

Wuenak! lebih stabil, shock tetap empuk dan rebound nya pun dapet, ga nggeol ketika nikung.

tapiiiii,,,,

ketika melewati jalan ga rata atau marka jalan, masih aja kumat.

langsung lemes, diapain lagi nih ya enaknyaa..

Sempat kepikiran ganti bearing atau laher basa gaulnya.

Maxy menggunakan bearing yang berbeda di kedua rodanya.

Roda depan pake dua buah bearing 6301 dan roda belakang pake dua buah bearing 6302.

Tapi ane pikir, daripada ganti bearing, mending ganti ban dulu kali yee, secara ban maxy dah alus.

Sebelum diganti ane habisin dulu tu ban belakang dengan cara apaaaa??

yaaaaa burn out….

dan akhirnya ane tebus ban :

1. FDR DRAVO 80/80 R 17 untuk ban depan (169K)

2. CORSA TERMINATOR 90/80 R 17 untuk ban belakang (221K)

FYI velg king maxy dah di upgrade ring nya dari ring 18 jadi ring 17.

Januari akan ane release review tentang ban ini.

Setelah terpasang dan diisi angin nitrogen langsung ane gas lagi gan,

Hasilnya kaki maxy jauh lebih empuk (lebih empuk dari habis service shock).

Terus ane pake rebahan tu maxy, cukup stabil juga kombinasi kedua ban ini.

Dan ane coba lewatin ke marka jalan, AJAIB! Hilang geolnya!

Karena trobel dah ilang, ane putuskan tidk mengganti bearing (karena juga belum kocak).

Special tips :

Kalo pengen ga geol, pilih ban yang tidak ada garis tengahnya.

SUPLIER LED JOGJA.

INGIN MENJADI IRON MAN?

Anda ingin menjadi iron man? Atau mungkin superman, spiderman, batman, douberman? Saya yakin yang terakhir tidak ada yang minat. Nah, apakah Anda pernah bercita-cita menjadi superhero seperti mereka? Lupakan, itu hanya film! Yang dapat Anda lakukan adalah menjadi pahlawan (superhero) yang konkret, yang dapat benar-benar menyelamatkan masa depan dunia!

HENTIKAN MEMBACA JIKA ANDA TIDAK INGIN MENJADI PAHLAWAN!

Mas kamu lebay ya? Apa setres? Saya tidak gila ataupun setres, memang agak lebay, tapi tidak berlebihan. Dengan berinvestasi masa depan yang saya tawarkan, Anda akan menjadi pahlawan yang sesungguhnya.

MARI BERINVESTASI UNTUK MASA DEPAN

Ketika tidak ada lagi listrik di dunia ini, jika Anda telah berinvestasi untuk masa depan, jangan khawatir jika malam tiba, Anda akan tetap terang. Masa depan yang saya tawarkan adalah LED 5mm superbright strawhat/led topi, dengan pilihan warna nyala, ready stock : putih, biru, hijau, merah.

Paket 1, dengan invest 725 rupiah, Anda mendapatkan 1 buah masa depan,
(baca : 1 LED = 725 rupiah)

Paket 2, dengan invest 7000 rupiah, Anda mendapatkan 10 buah masa depan,
(baca : 1 LED = 700 rupiah)

Paket 3, dengan invest 15.000 rupiah, Anda mendapatkan 25 buah masa depan,
(baca : 1 LED = 600 rupiah)

Paket 4, dengan invest 25.000 rupiah, Anda mendapatkan 50 buah masa depan,
(baca : 1 LED = 500 rupiah)

Paket 5, dengan invest 45.000 rupiah, Anda mendapatkan 100 buah masa depan!
(baca : 1 LED = 450 rupiah)

TERUS GIMANA JADI IRON MAN nya MAS?

Dengan Anda membeli investasi di atas, Anda sudah jauh lebih hebat dari iron man, dia fiksi sedangkan Anda telah “ACTION” melakukan langkah nyata. Pikirikan seberapa banyak listrik yang dapat Anda hemat dengan LED?

Perhitungan : 1 buah LED superbright memiliki tegangan 3,3 Volt dan arus 20mA, daya yang dibutuhkan LED hanya 0,066 Watt! Jika 10 LED berarti hanya 0,6 Watt, ya, setengah watt lebih sedikit. Pernah Anda menjumpai lampu yang dapat menyala terang dengan hanya mengonsumsi daya setengah watt?

Dengan penghematan tadi Anda telah menyukseskan program PLN dan pemerintah untuk hemat energi dan telah membantu penghematan penggunaan bahan bakar untuk pembangkit listrik, jadi Anda juga telah mengurangi efek pemanasan global. Luar biasa bukan? Jadi, tidak berlebihan bin alay jika saya mengatakan bahwa LED mampu menyelamatkan dunia.

SAVE OUR EARTH!

Jadi dengan membeli LED, selain Anda dapat berkreasi apapun dengan LED yang Anda miliki, Anda juga akan mempunyai masa depan yang lebih cerah dan Anda telah menjadi pahlawan yang sebenarnya, pahlawan penyelamat bumi!

Untuk info / berinvestasi, hubungi:
Call / sms :
E-mail : jabz_led@yahoo.co.id
Facebook :

Bonus ilmu LED setiap kali transaksi.
Free delivery area Jogja (area di dalam ringroad).

JABZLED electric.

Baca artikel LED?

https://rikkytijawz.wordpress.com/2010/05/29/led-4-brighter-future/

Menggabungkan file pdf.

Kali ini saya akan berbagi tentang “BAGAIMANA MENGGABUNGKAN BEBERAPA FILE PDF JADI SATU” tong teng tong teng,, twaw waw wauwwauwwauw (doremon sound)…

Pengalaman ini baru saja saya dapatkan kemarin ketika akan mengumpulkan syarat yudisium dengan high pressure, yaitu besok maksimal pengumpulan, da*n.

Syaratnya:
1. x
2. xxx
3. explicit content
4. parental advisory
5. tiiiit
6. memBOOK MARK file skripsi jadi 1 PDF.

*untung ganteng ga dimasukin jadi syarat.

Nah, ane bingung setengah hidup. Mana waktunya mepet banget. Nah lagi, untung ada tmen yang bantu, katanya suruh pake PDF merger!

Woke, langsung google ing dengan kata sakti “PDF merger free” dan dengan koneksi nebeng internet temen.

JRENG 2 !!!

Seisi kebun binatang keluar di sono, banyak banget..
Dari a-z. Ada yang jelas, tapi lebih banyak yang ga jelas…

So, entah kenapa setelah bermeditasi 30 hari (lo padahal deadline pengumpulan syarat yudisium gda 30 jam k dpan), akhirnya ane pilih yang ini aja.

Ni link nya:

http://www.freewarefiles.com/Simple-PDF-Merger-V_program_27543.html

Ni gambarnya:

Karena gugup, langsung ja donlot, trus langsung ja cap cus instal, I Agree next, next, next dan finish…

HOREEEE…

Nah kalo cara pake nya gini:

1. Buka program PDF merger,

2. Pilih file PDF yang akan digabung
(Kalo blum bs ngonvert word jadi PDF klik link di bawah ini)

https://rikkytijawz.wordpress.com/2010/12/16/cara-simpelcepataman-dan-gratis-mengubah-word-jadi-pdf/

PENTING! Masukinnya pelan2. Biar enak, hush, biar ga salah maksudnya, dan biar urutannya bener.

3. Pilih direktori save nya (dimana akan naroh hasil mergernya),

4. Jika sudah yakin, klik START MERGE,

5. Closed

Ni gambar langkahnya:

step using

step using

Jika sudah, cek dulu hasilnya, urut ga merger an nya…
Jika sudah beres matikan komputer Anda untuk menghemat daya listrik dunia, khususnya Indonesia.

Eits, tapi jangan lupa komen dulu, hahahaha…

Langsung saja, berikut gambar rangkaiannya:

rangkaian peredup lampu pijar

rangkaian peredup lampu pijar

Komponen yang dibutuhkan:
1. Saklar on-off
2. Dioda BY 127
3. Lampu PIJAR (bukan TL) hingga 40 watt.
4. Steker / jack.
5. Kabel secukupnya.

Semua bahan dicampur menjadi satu lalu dioven selama 15 menit,,HALAh salah.

Gampang banget kok ngrangkaianya, liat gambar ja, yang perlu diperhatikan saklar diparalel dengan dioda.

Rangkaian ini adalah sebagai perdup lampu pijar. Lampu hemat energi tidak dapat menggunakan rangkaian ini, kalopun bisa, itu merupakan tindakan yang tidak dianjurkan.
Alasannya?

Dioda berfungsi untuk mengurangi daya yang masuk lampu, nah padahal pada lampu hemat energi tegangan kerjanya sudah tertentu dan biasanya di dalamnya sudah ada rangkaian penyearah fullwave malahan. Jadi penambahan dioda tidak disarankan.

Rangkaian ini bermanfaat sebagai lampu tidur/malam. Ketika saklar ON, lampu menyala terang biasa, namun dalam keadaan saklar OFF, arus listrik jadi lewat si dioda, so hasilnya lampunya redup. Nah kalo pengin matiin lampunya, cabut ja stekernya/jacknya.

Rangkaian ini sedikit membantu PLN dalam program menghemat energi dan rangkaian ini juga cocok bagi orang yang tidak terbiasa tidur dengan lampu terang, tapi juga tidak dengan gelap-gelapan, yang sedang-sedang saaajaaaaaa….

Semoga bermanfaat, selamat mencoba.
AWAS KESETRUM!
:p

Oiya kalo pengen tahu kenapa dioda kok bisa mengurangi daya, klik di bawah ini.
https://rikkytijawz.wordpress.com/?p=232&preview=true

Tahukah kamu?
Ternyata dioda bisa bekerja seperti resistor!

Seperti kita ketahui fungsi resistor adalah menghambat (resist) arus listrik, sehingga dapat mengurangi daya. Nah dioda juga kalau diaplikasikan bisa menjadi resistor, namun dengan nilai resistansi tertentu, tergantung seri dioda nya.

Contoh konkret, ketika kita menambahkan dioda pada jalur lampu pijar (bukan lampu hemat energi), maka dapat dilihat bahwa si lampu ternyata sedikit lebih redup jika ditambahkan dioda. Itu karena dayanya dikurangi oleh si dioda.
Anda bisa buktikan sendiri, berikut rangkaiannya.

RANGKAIAN PEREDUP LAMPU PIJAR

Ada contoh lagi nih, ini bagian dari skripsi aku.
Saya mem paralel suatu kompresor mini (di dalamnya ada motor 12 Volt) dengan kipas DC brushless fan 12 volt (kipas casing komputer desktop). Catu daya nya aki motor 12 V 5 A.
Ketika saya paralel, si kipas hanya beputar sangat pelan. Saya coba ukur tegangan, ternyata drop menjadi 3 volt!!!

Saya pikir kompresor ini rakus amat ya?dihabisin semua dayanya, nggak bagi2 sama kipas.
Lalu saya berpikir bagaimana caranya supaya daya untuk kompresor ini dijatah atau dibatasi. Saya coba menggunakan resistor dengan nilai 1 ohm dengan kemampuan 1 watt. Hasilnya?

Kipasnya agak kencengan, tapi kompresornya lemot jadinya, dan resistornya panas lebay. Saya pikir resistornya R nya kegedean tapi wattnya kurang besar.

Trus muncul ide, lah sekalian iseng dan mau praktek, kupake ja dioda 6A sebagai pengganti resistor.
Ajaibnya kompresor mau jalan normal, tapi si kipas masih kurang maksimal (tapi lumayan) dan si dioda kaya kena demam, panas tinggi.

Berpikir lebih keras lagi, akhirnya saya temukan jawaban. Ya! jumlah diodanya ditambah dan kemampuan amperenya ditambah!

Akhirnya saya pake dioda bridge 25 A.
Hasilnya?
Mantaaaaap, sucessfull.

Lagi-lagi terbukti dioda dapat mengurangi daya, dalam hal ini mengurangi daya ke kompresor.

Nah gini penjelasan konkretnya…
Dioda adalah komponen elektronik yang berfungsi sebagai penyearah arus.
Digunakan untuk menyearahkan arus AC menjadi DC.
Penyearahannya bisa setengah gelombang (half wave) maupun penyearah penuh (full wave).

Berikut gambar rangkaian penyearah beserta gambar gelombangnya.

penyearah setengah gelombang

penyearah setengah gelombang

Gambar di atas adalah penyearah setengah gelombang (half wave rectifier). Gunanya untuk menyearahkan gelombang sinus arus listrik AC (alternating current) atau arus bolak balik, menjadi setengahnya.

Dapat dilihat yang dilingkari merah adalah gelombang bolak-balik dari sebuah transformator AC, kemudian disearahkan setengah gelombang dengan rangkaian halfwave rectifier dengan satu buah dioda (lingkar biru), dan hasil keluaran gelombangya adalah lingkar hijau.

Nah disitu terlihat jelas kan? Bahwa dioda membuat gelombangnya hilang setengah (yang bawah hilang). Hilangnya setengah gelombang ini menyebabkan daya yang keluar setelah melewati dioda juga berkurang. Terbukti dari contoh yang saya paparkan di atas, lampu menjadi lebih redup, dan contoh kedua kompresor bekerja sedikit lebih lambat.

Mencuplik kata-kata mas Bayu Kuncoro Mukti pada ( http://ilmu-elektronika.co.cc/index.php/arus-bolak-balik-ac/rangkaian-penyearah-gelombang-rectifier-circuit.html )
Pada gambar di atas itu juga dapat dijelaskan gini:

Ketika gelombang masukan bernilai AC positif, arus dapat melewati dioda tetapi ketika gelombang masukan bernilai ground AC, arus tidak dapat melewati dioda. Karena hanya setengah gelombang saja yang bisa di searah-kan, itu sebabnya mengapa disebut sebagai Penyearah Setengah Gelombang.

Rangkaian penyearah setengah gelombang ini memiliki kelemahan pada kualitas arus DC yang dihasilkan. Arus DC rata-rata yang dihasilkan dari rangkaian ini hanya 0,318 dari arus maksimum-nya, jika dituliskan dalam persamaan matematika adalah sebagai berikut;
IAV = 0,318 ∙ IMAX

Oleh sebab itu rangkaian penyearah setengah gelombang lebih sering digunakan sebagai rangkaian yang berfungsi untuk menurunkan daya pada suatu rangkaian elektronika sederhana dan digunakan juga sebagai demodulator pada radio penerima AM.

Kesimpulan dari saya, judulnya bisa juga gini:
DIODA BISA MENJADI PENGURANG DAYA.

Oke this end from me, sambung lagi besok-besok.

Untuk rangkaian penyearah gelombang penuh dan rangkaian rectifier kita bahas lain waktu…

Lain kali juga akan saya paparkan kapasitor bisa seperti transformator step down!!

Terus berkarya!

Hukum ketekoran aki:

Jika aki tekor maka harus dicas.
Jika ngecas biasanya ke tukang cas.
Ke tukang cas bayar ongkos cas.
Lebih baik bikin cas2an sendiri.

Salah satu faktor yang dapat membuat aki jadi tekor adalah rusaknya kiprok ( dioda bridge ), yaitu komponen untuk mengisi arus listrik ketika mesin kendaraan nyala.
Harusnya sebenernya kiprok gini nih…

Faktor lain yang dapat membuat aki tekor dapat dilihat di sini…

https://rikkytijawz.wordpress.com/2011/01/28/cara-merawat-aki-dan-memahaminya/

Nah jika aki sudah terlalu tekor atau mungkin si kiprok sudah tidak mampu lagi bekerja dengan baik, maka kita perlu mengecasnya, namun tidak lagi dengan kiprok, melainkan dengan charger aki.
Biasanya kita akan membawa aki ke tukang cas.

Berikut kerugiannya:

–ribet bongkar2 aki.
–bawanya ribet dan berat.
–kalo gda duit harus ngutang.
–kalo ujan harus berteduh.
–ternyata tukang casnya tempatnya di puncak gunung.
–nah sampe sana tukang casnya ternyata libur karena sedang tahlilan hamsternya yang mati 3 hari kemaren karena ketiban aki, yaaaah… :p
–setelah dicas juga harus pasang lagi, ribet.

Dan berikut fakta keuntungannya:

–kalo yang ngeces ternyata mbak2 cantik, Anda ikut ngeces juga, ces..ces..ces..ngiler mupeng..
*NB (berdasarkan penelitian yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, kejadian ini hanya akan terjadi dalam siklus 1000 tahun 1 kali dengan perbandingan kegagalan:keberhasilan 99 : 1)

Dapat kita lihat dan ambil kesimpulan bahwa keuntungan mengeceskan aki ke orang lain sangatlah minim, bahkan hampir mustahil, belum lagi jika kita melihat paparan fakta tentang kerugiannya…haduh caspeks deks. 😦

Udahlah mending kita cas sendiri di rumah.
Caranya?
Buat sendiri charger akinya…
Nih rangkaiannya…

Charger aki ini hanya menggunakan sebuah transformator (trafo) step down 12 volt 5 ampere, kapasitor 2200 mikrofarad 25 volt (makruh hukumnya), amperemeter 5 ampere dan dua dioda 1N4007.

1. Trafo
Carilah trafo step down 12 volt, cara kerjanya adalah menurunkan tegangan PLN 220 Volt menjadi 12 volt. Trafo berfungsi sebagai penyuplai daya listrik untuk mengecas daya listrik aki. Ampere trafo disesuaikan dengan ampere aki.

AMPERE TRAFO SEBAIKNYA 10% DARI AMPERE AKI!

Jadi kalau aki berdaya 12 Volt 50 Ampere, pakailah trafo stepdown yang berdaya 12 volt 5 Ampere.
Sebenarnya bisa2 aja pake ampere yang lebih besar, emang jadi lebih cepet tu ngisi daya akinya, tapi akinya juga lebih cepet rusak.
Oiya, pengecesan dengan daya 10% lebih kecil dari aki dilakukan selama 10 JAM.

2. Dioda

Keluaran (output) trafo adalah arus AC (alternating current) atau arus bolak-balik, sedangkan aki ber arus DC (direct current) atau arus searah. Maka diperlukan komponen elektronik untuk menyearahkan arus AC tersebut, yak yaitu dioda.
Sebenernya dioda ini seperti kiprok pada kendaraan, tapi pada kendaraan dioda yang digunakan adalah dioda bridge (4 dioda), sedangkan disini cukup pake 2 buah dioda yang serinya 1N4001, atau 1N4002, atau 1N 4007 atau lainnya yang memiliki kemapuan diatas ketiga dioda yang disebutkan.

3. Amperemeter

Amperemeter atau ammeter adalah alat ukur arus listrik. Dipasang secara serial pada rangkaian kelistrikan.
Di rangkaian charger aki ini diperlukan amperemeter sebagai indikator “sudah penuh belum ya itu muatan listrik aki??”
Ketika aki belum penuh, pembacaan pada ammeter menunjukkan angka 1-3 A. Jika aki sudah penuh pembacaan ammeter mendekati angka 0 (nol). Pada saat ini, aki harus dicabut dari rangkaian charger.

4. Kapasitor

Penggunaan kapasitor dalam rangkaian charger adalah makruh hukumnya. Mengapa makruh? ya karena tidak wajib, kenapa tidak wajib? karena aki sendiri merupakan kapasitor raksasa.
Ya jadi terserah mau diaplikasikan atau tidak.
Tapi sebaiknya dipasang juga gapapa, itung2 buat perata arus, dan bisa membuat hati tenang, yah kaya jimat aja.
Pasang aja, ga mahal2 amat kok.

Selamat mencobaaa…

Nah setelah kemaren saya bahas tentang menyervis sendiri mesin motor https://rikkytijawz.wordpress.com/2010/12/21/cara-servis-motor-sendiri/
, sekarang saatnya memaparkan nyervis aki biar awet.
Yap berikut akan dipaparkan cara merawat dan memelihara aki, baik itu aki motor, aki mobil, aki bis / trek, aki kering, aki basah, aki hybrid, aki MF, tapi disini g akan dijelaskan cara merawat aki-aki :p

Aki (Accu/Battery) merupakan komponen penting dalam kendaraan yang memiliki fungsi sebagai berikut:

1. Penyedia arus listrik untuk starter mesin, penerangan, klakson dan kelistrikan aksesoris mobil, seperti: tape, alarm,dll.

2. Menyetabilkan tegangan kendaraan dan mem-back-up alternator bila tidak mampu memenuhi kelebihan beban listrik yang diperlukan di kendaraan. Aki itu adalah kapasitor yang sangat besar.

Perlu diketahui sebelmunya jenis-jenis aki, diantaranya:

1. Aki basah/Konvensional/ premium

Aki ini disebut aki basah karena fisiknya, jadi emang di dalemnya ada airnya, yaitu cairan asam sulfat atau accu zuur atau H2SO4. Aki ini membutuhkan perawatan (penambahan air aki, air aki adalah air biasa yang disuling, rumus kimianya H20) secara berkala. INGAK INGAK, JANGAN MENAMBAHKAN asam sulfat atau accu zuur atau H2SO4 ke dalam aki yang sudah dibeli. Karena asam sulfat tadi sudah diisikan oleh manufakturnya.

Jadi kenapa aki harus ditambahi air?
Yak, air adalah media untuk mendinginkan sel2 aki yang bereaksi dan yang paling penting ketika aki disetrum (oleh kiprok utawa dioda bridge jika sedang ditempel di mesin kendaraan / disetrum oleh charger ketika sedang disetrum ketika tekor) air menjadi media pelunturan kerak yang menempel pada sel2 aki.
Jadi kalo kurang dari indikator lower level tambain, tapi jangan sampe bablas melebihi upper level.

2. Hybrid (low maintenance)

Aki ini masih termasuk aki basah, tapi aki jenis (hybrid) ini tidak memerlukan perawatan yang lebai jika dibandingkan dengan aki basah konvensional karena laju penguapan air dan laju kehilangan muatan listriknya sangat rendah.

3. Bebas perawatan (Maintenance free/MF)

Aki MF tidak perlu membutuhkan perawatan karena laju penguapan air dan laju kehilangan muatan listriknya sangat rendah. Plat positif dan negatifnya menggunakan kandungan PbCa dan PbCa.

Nah, ane pernah ke bakul aki, ane tanya apakah aki MF ini aki kering? Si bakul menjawab, bukan mas, ini aki basah, tapi ga perlu ditambah2i air selama masa hidupnya aki ini mas. O begitu ya kul bakul? Yakyeko mas.

Nah ane menyimpulkan sendiri, aki MF atau Maintenance Free ini ada 2 macem, yaitu aki yang dimaksud bakul aki yang ane ceritain barusan itu, sama aki kering. Bikos aki kering kan emg g perlu perawatan alias maintenan fri kan??
Aki kering juga bisa dijumpai pada UPS (Uninterruptable Power Supply) komputer desktop.

Ini aki MF

Ini aki kering UPS

Wokeee, setiap jenis aki selalu ada kelebihan dan kekurangannya. Aki konvensional itu sebenernya sangat baik dan awet dan biasanya amperenya besar2, logikanya dia akan terus hidup dan tak akan pernah meninggal dunia asalkan kita rajin merawatnya.
Nah namun jika tertarik dengan aki yang bebas perawatan, karena ogah ribet, maka kita harus menyiapkan dana ekstra karena harganya lebih mahal dan konsekuensinya umurnya lebih pendek.

Sekarang keluar dari masalah jenis aki, soooo kenapa aki bisa tekor?
Yak betul sekali, aki bisa tekor karena ada huruf T nya, coba kalo gda? malah jadi ekor tu aki, hehe.
Aki dikatakan tekor jika dia kehilangan daya listriknya alias dia ga mampu lagi tu ngasilin listrik, bisa pun ga bakal kuat nyalain starter elektrik n lampu redup n klakson bunyi kentut.

Yang menyebabkan aki tekor tu:

1. pemakaian aki secara ber lebay an, misal penambahan lampu2 yang katro yang ga perlu, penambahan audio yang bisa buat joget 1 kampung (pada mobil), de el el. Dan pemaksaan penyetarteran kendaraan jika tidak mau distarter.

2. ada jalur yang hubung pendek atau konslet, tapi seharusnya jika konslet sekeringnya putus, nah masalahnya banyak orang yang ga tau malah mengganti sekering dengan ampere yang lebih besar, katanya biar ga cepet putus. Tu orang yang mikir gitu aneh abis, mungkin dia ga bersal dari bumi.
Kan sekering emang dirancang biar putus kalo ada arus ber lebay an…

3. kiprok yang berwujud dioda bridge sebagai penyuplai daya ke aki sudah rusak. kalo kiprok rusak n g bs menyuplai listrik ke aki ya jelas aki bakalan kehabisan dayanya, cepat atau lambat.

4. kalo aki dicemplungin ke sumur, ini ga rusak lagi, tapi tenggelam, hehe…

NAH, terus gimana biar aki ga tekor n bisa awet?
Berikut cara merawat aki:

1. Matikan Komponen Kelistrikan Ketika Mesin Mati
Selesai berkendara, matikan dulu komponen kelistrikan (lampu, tape , ac, dll) sebelum mematikan mesin, kebiasaan orang yang baru punya mobil baru, radio tape sama ac ga dimatiin waktu udah matiin mesin. Lah ntar kalo kita mau nyetarter mobil ya berat banget sebenernya, kasian tu aki. Emang nek mobil baru ga terasa, tapi lama2 juga akan terasa efeknya.
Motor juga gitu, lu kira lampu netral itu gratis?ga makan daya listrik aki elo? Makanya kalo matiin motor matiin juga dengan sempurna.

2. Panaskan Mesin Kendaraan
Kendaraan yang jarang digunakan dapat memperpendek umur akinya, untuk kendaraan yang jarang digunakan sebaiknya secara rutin dipanaskan mesinnya secukupnya atau kalo ogah manasin copot aja tuh terminal negatif aki. Pemanasan kendaraaan bertujuan mengisi mutan listrik aki, karena kiprok dapet arus dari mesin dan mengisi aki.
Nah tapi di sini biasanya rider motor pada salah kaprah. Kalo pagi sebaiknya menghidupkan mesin itu pake engkol, jangan kebiasaan pake electric, kalo udah panas mah monggo.
Banyak fenomena motornya distarter electric dah kaya sakratul maut tp masih dipaksain, yaudah say gud bay to aki.

3. Jangan menambahkan aksesoris lebay
Misal perangkat audio yang powernya besar, lampu tambahan yang terang banget, klakson yang keras, boleh sih nambahin, tapi hati2 dan harus penuh perhitungan.

4. Periksa level air aki
Ini berlaku untuk aki yang berair, permukaan air aki harus dipertahankan antara batas atas dan batas bawah, oleh karena itu perlu diperiksa secara rutin minimal satu bulan sekali. Jika air yang terdapat dalam aki berada di bawah batas bawah (lower level yang tertera dalam kemasan aki), sementara aki tersebut terus digunakan maka hal ini dapat menyebabkan terjadinya kerusakan aki. Pengisian yang melewati batas atas (berlebihan), airnya bisa meluap dan merusak bagian kendaraan. Untuk menambah air aki yang berkurang, gunakan air aki biasa, jangan menggunakan accu zuur, karena accu zuur hanya digunakan untuk aki baru yang belum dipakai.
Ingak2!!: air aki biasa = air murni/air suling; accu zuur = campuran air murni dan sulfat(H2SO4).

5. Periksa Terminal Aki
Kondisi kendor dapat menimbulkan karat dan kerak pada terminal aki dapat mengakibatkan aliran arus listrik tidak sempurna, hingga dapat menimbulkan ledakan pada aki akibat percikan api pada bagian sambungan. Jika sambungan dengan terminal kendor tinggal dikencengin aja. Tapi kalo dipermukaan terminal aki kotor atau berkarat banget maka harus dibersihkan.
Kalo kotoran masih sdikit bisa diguyur air panas, bisa langsung ilang, tapi kalo udah lebay, tebel banget, harus disikat atau diamplas.
Setelah itu olesi atau semprotkan oli apa aja, sebagai pencegah karat.

6. Periksa Apakah Terdapat Kebocoran Aki
Berhati-hati pada area yang ditemukan kebocoran dari bagian badan aki, segera keringkan dan bersihkan area tersebut dan kuatkan penutup sumbat pada aki. Apabila terjadi kebocoran dari aki badan, segera ganti aki dengan yang baru. Cairan aki yang bocor (asam sulfat) dapat membuat kendaraan berkarat parah!

7. Periksa Berat Jenis Aki
Jika aki telah diisi ulang, cek berat aki dengan menggunakan hydrometer (biasanya terdapat di bengkel-bengkel). Jika berat jenisnya di bawah ukuran dari aki tersebut, gantilah aki tersebut dengan aki yang baru. Ini agak lebay ga usah dilakuin jg gapapa.

Nah mas trus bagimane kalo emang aki udah tekor?
Aki bisa dices menggunakan charger. Chargernya bisa adaptor.
KUNCINYA adalah daya untuk mengeces aki harus lebih kecil dari daya kemampuan aki. Misal aki berdaya 12 Volt / 50 Ampere, maka chargernya 10 persen lebih lemah tapi dengan voltase yang sama, jadi bisa 12 volt / 5 ampere. Bisa sih dices dengan ampere yang lebih besar, emang bisa lebih cepat ngisinya, tapi epat rusak juga akinya.
Kalo mau buat charger aki sendiri, rangkeannya bisa dilihat di sini ni…

BIKIN CHARGER AKI SENDIRI

Cara Pemasangan dan Pelepasan Aki
Pada saat melepaskan kabel, maka lepaskan terlebih dahulu kabel negatif baru kemudian kabel positif.
Sebaliknya, pada saat pemasangan, pasang dulu kabel positif, baru pasang kabel negatif

PENTING!!
1. Tidak boleh menyalakan api dekat aki, seperti menyalakan korek, merokok dan lain sebagainya, karena aki mengandung hidrogen yang mudah meledak.
2. Jauhkan dari jangkauan anak, karena komponen aki terbuat dari bahan kimia yang berbahaya.
3. Gunakan kacamata pelindung pada saat memasang atau memperbaiki aki karena air aki sangat berbahaya.
4. Hati-hati dengan accu zuur, karena dapat merusak kulit dan membutakan mata.
5. Jika accu zuur mengenai mata anda, basuhlah segera dengan air bersih dan segera pergi ke dokter. jika accu zuur mengenai kulit anda, basuhlah bagian yang terkena accu zuur dengan seksama. Jika anda merasa sakit dan terbakar, segera minta pertolongan dokter.
6. SAYANGI AKI!

Hari gini emang harus irit, jadi hal yang bisa dikerjain sendiri ga perlu minta bantuan orang lain dong. Begitu juga nyervis motor, kalo bisa sendiri kenapa enggak? Selain bisa dilakukan kapan saja, minim biaya, nambah ilmu dan yang paling penting terhindar dari mekanik nakal atau tengil.
Tapi mungkin ini tidak berlaku bagi motor baru, baru yang saya maksud adalah baru dari dealer tangan pertama, bukan baru beli motor second, baru minjem dari temen atau baru saja berhasil mencuri. Motor baru yang masih garansi servis resmi n oli gratis, mending servisin ke dealer aja.
Ni soalnya ada kaya ginian, sayang kalo ga dimanfaatin…

25 point service yamaha

25 point service yamaha


Ga kliatan ya?hehe

Saya akan berbagi ilmu dan mungkin bisa jadi forum diskusi, tanya jawab dan lain2.
Yang saya akan diskusikan adalah tentang merawat atau menyervis tunggangan tanpa harus ke bengkel. Yang akan saya tulis lebih fokus ke motor, fokus lagi ke mesin 4 tak, fokus lagi ke jupiter z karena itu tunggangan ane, hehe….
(kenapa judulnya ga sekalian CARA SERVIS SENDIRI JUPITER Z?)
Kidding, ini universal, berlaku untuk mesin apapun, tinggal penyesuaian aja…

Oh iya, sebelumnya saya mau menyapa dulu, salam super untuk semua pembaca sekalian yang budiman….

budiman

budiman

efisiensi,

efisiensi

efisiensi

sinar jaya,

SinarJaya

SinarJaya

sumber alam,

sumberalam

sumberalam

sumber kencono (stooop), hehe…jadi bis…

sumber-kencono

sumber-kencono

Wokee, lets begin…
Bukan rahasia lagi kalau banyak mekanik yang sering mengakali kita, suruh ganti ini itu (please go to hell) padahal parts kita masih prima, n yang paling bikin jengkel, parts yang udah diganti (yang mungkin masih prima) ga dikasih ke kita, melainkan masuk kantong dia (aku ga habis pikir kalo yang disuruh ganti knalpot kita, mau masuk kantong mana itu?,hehe). Jadi males ke bengkel, apalagi kalau garapannya kasar dan jelek (go to deeper hell!!).

So emang lebih baik kalu kita tau motor kita, selain bisa nambah ilmu, tau gejala kerusakan sekecil apapun yang bisa mempengaruhi kinerja motor, hemat, ga kena tipu n bakal lebih disayang motor??(my bike is my wife, valentino rossi said), motor jadi nurut dan enak dipake maksudnya.

my bike is my wife

my bike is my wife

Berikut ini point penting yang perlu diperhatikan untuk servis ringan by yourself:

1. O.L.I (Oooh Licin Iniii) mesin
Yak, emang berfungsi sebagai pelicin (tapi bukan pewangi, lu kira RA*IKA).
Namun apakah Anda tau bahwa oli bukan hanya sebagai media pelicin atau pelumas antara part2 mesin yang bergesekan? Yah, ternyata oli juga berfungsi sebagai peredam panas dan pengikat kotoran yang timbul ketika parts mesin bergesekan.
Karena penting sangat, harus diperhatikan betul betul betul kondisi oli.

– Cek KUANTITAS oli dengan cara cek ketinggian oli di stik indikator oli, jika kurang, wajib hukumnya untuk ditambah. Oli bisa berkurang karena menguap maupun merembes ke ruang bakar (kalo piston sudah aus, bisa dilihat asap putih yang keluar dari knalpot)

– Cek KUALITAS oli dengan melihat apakah oli sudah keruh, sudah sangat encer, kalo udah jelek, wajib hukumnya untuk diganti. Rekomendasi penggantian oli standar adalah 2000-3000Km, ambil tengahnya jadi 2500Km aja. Emang nek oli2 full sintetik katanya bisa sampek 50.000Km. Tp yo bulsit, kalau udah lebih dari 3000 ya performa turun (gigi sulit pindah, suara berisik, tarikan jelek).
Jadi lebih baik pake oli yang biasa saja, tapi sering diganti (daripade ente pusing2 nabung buat beli oli yang mahal, harus nyari oli yang bagus itu apa, n ente harus coba2 oli kaya ane, tp hasilnya enol). Mending pake yang menguntungkan bangsa dan kita (kita untung, bangsa untung!, hehe).

2. A.K.I
Yak, aki merupakan komponen sangat venting yang sering disepelekan. Aki menjadi alat vital (eh apa ya bahasanya, komponen yang sangat vital aja ah) pada mesin yang menganut sistem pengapian DC. Jika aki bermasalah, mesin juga bermasalah. Begitu juga sistem kelistrikan, lampu akan menjadi tidak terang, klakson kaya bunyi kentut.
Tips penting merawat aki:

– Cek ketinggian air. Jika kurang, tambahkan air (H2O) INGAT BUKAN H2SO4!!!

– Cek tegangan, apakah di atas 12Volt. Jika jauh di bawah 12V, harus disetrum (ambil arus dari SUTET aja biar cepet, cepet mati ente, :p )

– Pada pagi hari, gunakan kick starter supaya aki terisi listrik.
JANGAN paksakan memencet electric starter lebih dari 3 detik tanpa jeda! dan JANGAN pencet lebih dari 3 kali jika memang mesin tak mau nyala.

Cek aki secara rutin, ideal sebulan sekali, tapi kalo males ya 3 bulan sekali gapapa lah.

Nih ada info rinci merawat aki

https://rikkytijawz.wordpress.com/2011/01/28/cara-merawat-aki-dan-memahaminya/

3. BUSI
Busi merupakan piranti penting juga di dalam kinerja mesin. Busi adalah pemercik bunga api pembakar BBM di ruang bakar. Jika mesin batuk2, tersendat2 kaya sakratul maut, jangan bingung, apalagi dibacain doa, coba dicek kondisi busi.

– Bersihkan busi dari kotoran dan kerak yang menempel menggunakan bensin.

– Cek dan setel jarak elektroda busi ideal 0,7mm kayanya.

– Cek warna busi, apakah merah bata, putih berkerak, hitam berjelaga atau hitam basah atau emas, eh tunggu, kalo warnanya emas coba ente bawa ke bakul emas, tanyain emas betulan bukan,kekeke..
Idealnya, warna busi adalah merah bata, ini menunjukkan pembakaran yang baik dengan arti suplai bahan bakar dan udara ideal.

– Cek percikan api, apakah masih besar atau tidak. Caranya, pasangkan busi pada chop busi, kemudian dekatkan ke blok mesin, lalu engkollah kick starter atau pencet aja electric starter, jika masih memercik ya masih agak bagus lah. Atau kalo mau cara ekstrim pegang aja tu busi sambil di starter, bakalan terasa geli-geli tapi mungkin akhirnya nanti mati, yang mati ente bukan businya, kekeke…
Kalo busi udah keliatan jelek atau meskipun udah dibersihin tapi mesin masih batuk2, ganti aja.

4. Karburator (konvensional) atau Throttle Body (injeksi/EFI)
Yak inilah bagian yang mempengaruhi performa motor, kalau piranti pencampur dan pengabut udara dan bakar ini kotor, maka mesin tidak mau teriak maksimal. So, BERSIHKAN jika kotor, jika tidak mau repot membuka2, semprotkan saja CARBURETOR CLEANER (beli yang mahal, jangan yang ecek2 apalagi esex2) ke venturi atau nama lainnya lubang masuk karburator/throttle body dan ke lubang busi. Jangan lupa juga bersihkan filter udaranya dan gantilah jika sudah terlihat usang dan tidak bisa dibersihkan.

5. Cek rantai dan gear set (final gear n sprocket).
Cek dan atur kekencangan rantai. Berikut hukum pengaturan rantai:

– Jika rantai melambay2, kencangkanlah.
– Jika rantai kencangnya, lebay, kendurkanlah.
– Jika rantai kering, lumasilah. Pake chainlube lah jangan oli bekas lah (sedikit aja lah, jangan lebay2 lah).
– Jika rantai sudah tidak bisa disetel (jika diputar ada yang kencang ada yang kendur), rantai bunyinya lebay dan gear sudah tajam2, maka buanglah dan yang baru belilah.

Setelan rantai yang pas akan membuat rantai dan gear awet serta membuat perpindahan gigi empuk dan tarikan pas mantap.

Dengan 5 poin di atas motor Anda akan berasa baru terus, tapi itu lagi2 tergantung cara panjenengan memperlakukan dan menggeber motor Anda. Sayangi dan rawat motor Anda sebagaimana mereka telah membesarkan Anda,,lhooo salah-salah…

Berikut cara menyayangi motor:

1. PANASKAN mesin sebelum motor diajak jalan2 ga perlu lama, 1 menit sangatlah cukup. Tapi ada beberapa point penting yang orang sering salah kaprah. Yaitu:

Ga perlu lama, yang penting cara memanaskannya.

TARIK CHOKE biar mesin mudah menyala dan supaya piston mendapat suplai BBM yang cukup (piston yang miskin bensin akan cepat rusak!!). Jika pada mesin yang sudah menganut sistem injeksi, biasanya choke diaktifkan secara otomatis (terasa dengan langsamnya mesin). tutup choke jika sudah tidak mbrebet atau dirasa cukup. Pada choke otomatis, ia akan mati sendiri (kelangsaman kembali normal).

Jangan geber2 motor saat memanaskan (merusak piston!), ini tidak perlu, cukup dichoke dan biarkan 1 menit.

– Hidupkan mesin pertama kali dengan engkol, bukan electric starter.

2. Lakukan akselerasi dan deakselerasi (buka dan tutup gas serta pengereman) secara lembut dan bertahap. Selain akan membuat BBM irit juga motor awet.

3. Pakai BBM yang sesuai dengan nilai kompresi mesin. Makin tinggi oktan belum tentu baik untuk mesin motor Anda.

Yaudah, selanjutnya, jangan lupa pompa ban, biar ga’ geemmbooosss.
Ganti sparepart yang rusak pake yang asli.
Berikut anjuran penggantian sparepart, tapi ini mah tergantung kondisi part panjenengan, jangan mau diboongin anak kecil, bilang aja oooo tidak bisa…

rekomendasi penggantian parts

rekomendasi penggantian parts

Keep safety riding, fast but safe. Jangan lupa pake helem ya.
Maaf jika kata2 kurang berkenan, aneh, ga jelas, ga penting, lebay, jayus dll.

Ingin tau kinerja mesin dan parts di dalamnnya secara lengkap?
Klik ini

Tentu kita semua pernah menulis menggunakan microsoft office word, hah kamu belum?? ya ampuuun kasiaaan…hehe…
Buat kita-kita yang sudah menjadi mahasiswa tentu saja pernah mengalami dilema (halah) yaitu ketika disuruh dosen mengubah file ms.word menjadi file pdf. (Opo kui mas??) Banyak yang tidak tau cara mengubahnya, atau bahkan ada yang belum tahu apa itu pdf.

Pdf adalah portable document format,,(wah apa maning kuwe mas?inyong ora mudheng..). Ya pokonya pdf itu supaya jika kita memberikan file word kita pada orang lain, file tersebut menjadi tidak bisa, atau lebih sulit untuk dimodifikasi orang yang tidak bertanggung jawab. Makanya seringkali jika akan mengumpulkan tugas, tulisan, skripsi dll, kita disuruh mengumpulkan dalam format pdf. Untuk membuka file pdf dibutuhkan adobe reader.

Nah kembali ke pokok permasalahan, bagaimana sih cara mengubah word menjadi pdf? Jika kita search di google atau search engine lainnya, dengan keyword “converter word to pdf” pasti akan keluar seisi kebun binatang mulai dari a to z (kaya hyundai,hehe). Ya, kita akan kebingungan memilih software mana yang benar, yg simpel, yg bukan virus n yg ptg yg bukan versi trial. Kampret emg, gondok bgt kalo udah donlot lama, setelah diinstal tryt tdk sesuai yg kita harapkan, atau ternyata versi trial (miskin amat sih yg bikin software) atau paling parah file exe ternyata berupa virus (ini yang paling kampret exactly!).

Nah biar ga kena tipu sama kampret2 tidak bertanggung jawab, ada cara yang gampang simpel, cepat, aman dan murah (hanya membutuhkan koneksi internet yang hebat hemat atau yang speednya you can trust,(waha maaf jgn salah sangka, saya bukan bakul…)).

Gini nih, pertama buka microsoft office word 2007 (apa?ente 2003?ganti dulu tah hehe, tp mungkin dari 2003 juga bisa.)

membuka ms word 2007

membuka ms word 2007

Setelah word terbuka, klik bulet2 di pojok kiri atas, trus arahkan kursor ke save as, lalu klik find add ins,blablablabla kaya ini…

find add ins

find add ins

Setelah tab dibuka akan muncul kayak gini, trus hajar aja tu point nomer satu yang aku tandai, klik linknya, tar otomatis nyambung ke webnya microsoft.

go to microsoft.com

go to microsoft.com

Nah setelah tadi ngeklik link tadi, akan nyambung ke microsoft.com kayak gini…lalu klik download ya…

mari kita donlot add ins

mari kita donlot add ins

Tunggu bentar (maks 30 detik) sampe keluar IDM (internet download manager) kalo belum punya, minta temen atau donlot dulu…search ja di google…
Nah kalo IDM dah muncul,klik start download kek gini…
*inga’ inga’ kecepatan donlot tergantung ISP (internet service provider) panjenengan.

Naaaaah,,kalo donlotan udah selesai,klik open aja.

Atau kalo mau nginstalnya entaran, bisa close dulu, tar bs dibuka lagi exe instalannya di my documents_downloads_programs (kalo pake IDM) trus dobel klik filenya namanya save as pdf.exe

Nah lanjut lagi, setelah di open akan muncul kek gini, so jangan khawatir, don’t worry be happy :p
Centang tu anunya,trus klik continue…untuk menuju proses instalasi.

Setelah klik continue, maka instalasi akan berjalan otomatis, jangan kaget, apalagi panik apalagi sampe jungkir balik…
Tunggu ja proses instalasi sampe komplit, lamanya instalan tergantung komputer Anda,
(nek komputere rika intel core 2 duo ya mending lah, rada cepet (kaya komputere inyong),nek komputere rika i7 ya mending jg, mending nggo enyong bae ngeneh, i7 ra nggo ngetik! nggo hura2!,tapiii,,nek misal komputere rika pentium 1 ya juga mesih mandan mending jane,mending buang bae nganah lah,angel!).
hehe piss piss…
Nah,ntar kalo proses intalasinya selesai, akan muncul ginian.

selamat instalasi komplit

selamat instalasi komplit

Nah dengan ini Anda sudah dapat mengubah file word menjadi pdf dengan mudah. Sekarang buka word lagi, atau sekalian buka file yang akan Anda rubah menjadi pdf.
Nah, klik lagi bulet2 di kiri atas, trus arahkan ke save as,loh??!!
Jangan kaget kalo tampilannya udah berubah (ya memang harusnya gitu!). Nah sekarang klik tu yang ta merah2in.

Nah tar keluar ginian, cara ngubahnya:
1.Pilih direktori atau tempat buat ngesave file pdf Anda.
2.Kasih nama file pdf biar gampang diinget.
3.Lalu klik publish untuk mengubah word jadi pdf.
4.Sekian terimakasih.
Ni gambarnya

Nah,gampang dan simpel kan?
Juga aman karena resmi dari microsoftnya.
Oiya, kalo mau nggabungin file2 PDF jadi satu, ini ada info nya.
Cek id ot.

https://rikkytijawz.wordpress.com/2011/04/16/menggabungkan-file-pdf/

Sebenernya maw aku upload file exenya sekalian, tapi takut kena razia, dikira mbajak.(halah,padahal gara2 ga tau cara nguploadnya).

Nah sekian dari saya, jika ada kata2 yang kurang berkenan (pasti banyak) saya mohon maaf. Jika Anda menilai saya lebai, tidak waras, aneh, wagu, ra penting ya mungkin ada benarnya,hehe.
Semoga bermanfaat dan sukses selalu.

Buat saya
:p

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.