Mungkin judulnya bisa diringkas aja menjadi fungsi dan parts mesin kendaraan bermotor.
Kendaraan bermotor saat ini memang sudah sangat lekat dengan kehidupan kita, tanpanya, mobilitas dan aktivitas kita tidak akan berjalan lancar. Oleh karenanya kita sangat perlu untuk memahami kendaraan kita agar mereka selalu dalam kondisi siap ketika akan kita pergunakan. Dan mari bersama kita belajar cara kerja mesin kendaraan bermotor supaya kita tau gimana sih cara kerjanipun, kepriwe kepriben supaya mesin awet dan kepiye melakukan tindakan perbaikan. Mari kita belajar bersama dan saling melengkapi dan membenarkan jika ada yang kurang tepat.
Mesin kendaraan bermotor secara garis besar dapat diklasifikasikan menjadi dua macam (memang sekarang ada mesin pake motor listrik tapi belum akan dibahas disini). Yaitu mesin 4 tak atau disebut 4 langkah atau 4 stroke dan mesin 2 tak atau mesin 2 langkah atau mesin 2 stroke. Yang akan dibahas disini cuman mesin2 berbahan bakar minyak alias BBM mohon maklum. Nah sebelum belajar cara kerjanya, alangkah baiknya kalo mengenal dulu bagian2 mesin (alon2 waton kelakon). Kiye tiliki bae gambare:
Gambar 1. Penampang mesin tegak 4 tak SOHC
Itu gambar berdasarkan istilah orang2 bule, nek diterjemahin ke bahasa Indonesa, lain lagi, tar di masing2 daerah bisa lain lagi namanya. Ini istilah umum di Indonesia aja, sekalian fungsinya:
A. Katup atau klep masuk/hisap. Itu ada per dan pelatuknya (rocker arm).
Buat ngatur buka tutupnya saluran hisap (C). Pelatuk bwt menekan katup supaya membuka dan pernya supaya katup kembali ke posisi awal.
B. Penutup klep ya bisa juga disebut engine cover atau penutup mesin biar rapi lah.
C. Saluran hisap.
Ini saluran untuk memasukkan campuran udara dan bahan bakar. Waktunya diatur oleh klep masukan pada butir A. (KAYA UUD AJA)
D. Blok silinder ya blok silinder.
E. Pendingin silinder, bisa cairan (radiator) atau kisi2 (sirip2).
Asalkan Anda tau, mesin itu suangat puwanas karena di dalamnya memang dilakukan pembakaran BBM untuk menghasilkan daya, semakin panas, efisiensi mesin akan turun dan membuat komponen mesin melar, jadi nggak presisi dan nek overheat jg bs merusak mesin. So wajib dikasih pendingin dah tuh mesin.
F. Blok mesin ya blok mesin.
G. Wadah oli.
Jadi klo kita nuang oli dari lubang masukan oli mesin, ditampungnya di sini.
H. Genangan oli.
Genangannya tergantung seberapa banyak kita nuang oli ke mesin bisa 800mL , 1L, 4L dLL
I. As/poros kam atau noken as kata orang2 bengkel.
Ini buat ngatur timming si klep masuk(A) dan klep buang(J), kapan mereka harus membuka atau menutub. Pada mesin ada dua macem camshaft, yaitu:
SOHC (single overhead camshaft) jadi camshaft cuman atu aja di dalem mesin dan tongolannya (dalam 1 silinder, rocker arm yang terpasang di camshaft ada dua, buat melatuk klep masuk dan buang) SOHC kaya terlihat di gambar 1.
DOHC (dual apa dobel,lupa overhead camshaft) nah ini berarti ada dua batang camshaft di dalem mesin (masing2 camshaft cuman mengurusi 1 klep aja, klep masuk atau buang, jadi tongolan (dalam 1 silinder , rocker arm nya tetep dua, tapi satu nempel di camshaft yang ngurusin klep masuk, satu lagi nempel di camshaft yang ngurusin klep buang). Contoh mesin DOHC di gambar no 2 di bawah ntar.
Ni ada animasi camshaft yang sedang berputar menggerakkan rocker arm dan rocker arm tersebut memicu katup in dan out supaya membuka dan menutup.
J. Katup atau klep buang atau keluar. Itu ada per dan pelatuknya (rocker arm) juga.
Buat ngatur buka tutupnya saluran buang (L). Pelatuk bwt menekan katup supaya membuka dan pernya supaya katup kembali ke posisi awal.
K. Busi, buat memercikkan atau menghasilkan api supaya campuran udara dan BBM terbakar, meledak dan mendorong piston untuk melakukan langkah usaha.
L. Saluran buang.
Ini saluran untuk “NGELUARIN” (knapa harus tanda kutip?):p hasil pembakaran campuran udara dan bahan bakar tadi. Waktunya diatur oleh klep keluaran pada butir J. (KAYA UUD LAGI)
M. Piston atau orang nyebut seher, seker torak semua sama, padha bae sami mawon.
Fungsinya untuk…
mmmmm…
aduhhh…
apa yaa…
keringat dingin…
dag,,
dig,,
dug,,
DHUWAR!!!
YaK benul!
Fungsinya ya untuk membuat gerakan naik turun (hush jgn ngeres!).
Nek turun membuat silinder vakum, jadi campuran udara dan BBM masuk ke silinder lewat saluran hisap (tentu disertai pembukaan klep masuk dan si klep buang ditutup. Ini disebut langkah hisap.
Trus piston naik lagi menekan campuran udara dan BBM tadi, tekanannya jadi sangat tinggi dan sangat mudah terbakar… Ini disebut langkah kompresi, kedua klep kondisinya menutup kedua saluran.
Trus saatnya pembakaran, kedua klep kondisinya masih menutup kedua saluran. Dan sekarang saatnya busi meletikkan api dan… dhuwar… piston tertekan ke bawah lagi sekaligus melakukan usaha, makanya ini disebut langkah usaha.
Trus gerakan terakhir piston naik lagi, sisa2 pembakaran didorong keluar melalui saluran buang, otomatis klep buang terbuka dan klep masuk ditutup. Ini disebut langkah buang.
La trus silinder tu sbnrnya apaan? Silinder ya ruangan jalur naik turunnya piston. Ruangan vakum di atas piston, (ketika piston sedang turun) sering disebut ruang bakar. Ruang bakar juga merupakan bagian dari silinder.
N. Stang seher begitu orang bengkel sering bilang. Ini gunanya untuk,,,aduhh,,, :p
Buat meneruskan gerakan linier dari piston (naik turun) supaya bisa jadi gerakan memutar di crankshaft (P).
O. Titik pertemuan antara stang seher dengan crankpin bagian dari crankshaft atau kruk as.
P. Kruk as ini buat nerusin gerakan dari piston, kruk as itu panjang. Disepanjang kruk as terpasang crankpin (hubungan dg stang seher) dan ada juga flywheel atau roda gila, dia berfungsi mengisi daya ketika piston sedang enggak melakukan langkah usaha. Berarti yang mengisi daya ketika langkah hisap,buang maupun kompresi adalah si flywheel ini.
Ini ada animasi lagi, crankshaft berwarna merah, silinder biru, piston abu2, dan flywheel item.
Ini ada gambar lagi, 3 dimensi bro…tu disitu keliatan camshaftnya dua karena ini mesin DOHC
Gambar 2. 3D mesin mobil 4 tak, 4 silinder, DOHC
Ni lo gerakan mesin 2 tak……………………………………………………………………….
Kalau ingin tau cara kerja mesin, bisa klik ini
https://rikkytijawz.wordpress.com/2010/07/29/perbedaan-mesin-4-tak-dan-2-tak/
tolong itu gambar yang bergerak agar bisa di download!!!!
bisa di donlot kok bos,,klik kanan save image aja di gambarnya…
atau cari aja di gugel animasi mesin 4 tak…
maaf baru dibalas,,g pernah buka,hehe
ko gak ada fungsinya rocker arm sih mas..?
hehehe gua gy ada tugas nie..
tolong dong kasi sya no hp nya……okey
wah thx bgt ya infonya!
gila ni lngkap bgt dr penjelasan mpe animasi
sukses trus!
Ya thx jg bro, ya itung2 berbagi ilmu, tukar ilmu n pengalaman aja lah.
cara buat itu gmna gan ???
kontol klo ne ponakn gw yg umur3 tahun jga bisa,,,,,,,
wah salut daftarkan ponakan lu ke MURI ja tuh.
ponakan lu hebat, tapi om nya payah.
bahasanya diperbaiki ya om? sekolah cmn smpe SD ya om?
Ttd Budi Setiawan.
Wah oke juga !
Tapi coba penjelasan tentang motor jadul gua honda astrea. Kapan kapan tolong jelasin yo maasss sama kasih tips dan saran buat ngerawat motor tua saya ini ! Masih bagus si tapi ya mesin nya itu kyanya udah ga bner ! Mohon di bantu lah pokok nya…
ane jg punya motor tua bro…haha…
ya yang penting ganti oli ja teratur…
ya kalau d motor ada yang ga enak, bunyi2 aneh atau apa, share aja, syapa tau bisa bantu.
rawat terus motormu!hahahaha…
motor ak satria 2 tak,,,tuh byar enak,,larinya kenceng,,tapi irit,,tuh gmna caranya,??
nuhun pisn yehhh ats inpormasinaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa………….
sami-sami atuh.
sami knapaan
jos banget nih…tolong dong bahas tentang grand 98…motor ane ada kendala nih…maklum ane ga tau apa2 tentang motor :p
sebutkan saja kendalanya, mungkin bisa bantu.
makanya sekolah d jurusan otomotif……..huhuhu
makasih sob….berguna banget artikelnya buat gw…..kalau bisa mesin mobil jg diulas yah dsn tq ^_^
itu yang saya ulas juga mesin mobil.
prinsipnya hampir sama kok mobil/motor.
mantep tapi kurang lengkap untuk komponen2 mobil
kapan2 saya tambah
Keren Mass
Mancap dah 😀
ok
Entar tanya tanya Boleh ?
yah 🙂
boleh,kalo ak bs jawab
cara modif biar kencang gemana massss
bisa liat di blog ku, membuat motor kenceng tapi irit.
dan kenceng itu relatif ya bro.
tanya boleh ea mas boz….
Kalo tenteng kelistrikan sih bisa di jelasin qx mas,,
Saya mau tanya gan saya punya motor jadul motor supra x, mo tor saya udah cukup tua. Motor saya bagian mesin ko berbunyi tek tek ek, itu apanya gan. Coba di kasi tau. Trimakasih.
tergantung,tek2 nya seperti apa.
biasanya kalo tek2 yang paling sering dari :
1. klep yang udah ga sesuai (setel aja)
2. rantai kamprat
3. yg paling buruk ya pistonx
mungkin bisa dijabarin lagi gejala lainx biar lebih jelas tar diagnosax
ada gak sich yg simpel aja penjelasannya,,,
aku sama sekali blm tau pa2 tntang mesin, pngen bljar bnyak,,,,
taapiii
mlezz bacanya,,,,
makaaaasihhhh
samasama
Membaca itu jembatan ilmu Kak…:)
sip
nya kudu di baca ath lmun teu di baca kumha sia bisa ngerti
yo wocoen maneh cuk eh cak
dah mantep dap..thanks ya
komplit tenan
makasih gan 😀
cciipp bget..
buat tmbah2 pembhsan di praktikumQ..
thankz yoo…
maturnuwun pak de !!!!!
tengyuuuu ya,,,,buat tugas komposit ni, saya gak ngerti komponen mobil blass….hahaha
tengyuuuu ya,,,,buat tugas komposit ni, saya gak ngerti komponen mobil blass….hahaha
Setuju sama pendapat Evita
nice sharing gan, berguna utk yg msh newbie. thx 🙂
mas bro… aku pengen bljar… lebih dalam lgi… dan aku pengen lebih memahami yg sbenarnya
om bos bisa di liputin gk tentang bahan bakar air untuk mobil ato motor….
trims.
BOSS… Tolog d tmbah pnjelsan tntang mesin motor ama mobil dong bossss…..
cara penjelasan kaya kie ya siki aku mudeng, maune jan babar blas, matur suwun ilmune lek..
wiisss kren
jadi paham smua’a….
thenk’s kawan ats info’a..
makasih bruuurrrrrr
hehehehe dkit2 jadi sedikit tau cara kerja mesin
jd g cuma bisa nunggangin doang hehehehe
LENGKAP BANGAT PENJELASANNYA THANKS YA
makasih atas sarana yang sudah di berikan
Thanks atas infonya, berguna sekali. Kalo bisa tolong ditambahkan system pengapiannya. Sukses selalu
bang, nie kurang cara kerja kendaraan automatic kya na
jelasin dong bang, bedanya ap sih
kalo matic 2langkah ada gag bang?
Bos sori ni sayanya mw takon,,,wat motor rx king,,punya kan udah saya corter 150..tapi tenaga masih kurang ja,,..tu penyebabnya dmana,,,dan satu lagi,,bwat mtor rx king Ά̲pά bae. Sing d rubah men motornya bsa banter bangett,,mkasih,,
thx bgt info.a.. 🙂
maturnuwun mas, penjelasannya. gara2 ilustrasi 4 tak jadi mudeng sistim kerjanya sekarang 😀
btw postingan ini bole di reblog?
bro antara blok atau silinder dan klep terdapat lapisan tipis biasanya dong pake autosiler bru ada 4 bout payung di klep diatasx fer kleep tapi dua bout besar dan dua bout kecil broooo bole jelaskan mengapa demikian atau mengapa dua bout itu tidak sama besa
Mantap mas, matur nuhun…
thanks ya mas infonya bgs …
ass.wr.wb kak q ucapkan ma kasih kpda kakak karna ilmu kakak,sya jdi tau apa-apa saja itu mesin,smoga Tuhan m’beri umr yg pnjang kpd kkak agar dpat m’bgi ilmuny pngetahuannya lgi.ass.wr.wb
salam manis
ROYMAN
amiin
trims bt info ttg mesin2nya….
udah tau gbrn kinerja mesin motor….
Mas, kalo misalnya kita lg gas brasa rantai kaya nyangkut2 gt itu knp ya?tp ini klo pas naek mtr sndiri, kalo lg bonceng ƍαќ masalah, dan terjadi jg cuma pas gigi 1 dan 2 aja
mungkin rantai kendor
mkasih atas impor masi nya.
Kalo tentanq kelistrikan sih mas bisa di jelasin qx,,
Mantaaapppp sobb ..
Thanks …
makasi ya mas tentang penjelasan nya
ane mau tanya bgaimana cara modif motor bebek
Wah makasih banget ya bang, cocok buat adek2 smk yg baru kls1 🙂
Mantep tenan mas penjelasane. . . .tak kasih 4 jempol kango kw ms. . . .:-)
seng sikil orasahh yoo wkwkwk
Makasih infonya gan..
di tambahin lagi info2 mesin & elektroniknya ya..
makasih
oke siap!
.. wahh , hbatt .. jdi luas nih pngetahuan khu tntang mntorr .. mksihh brow udh mauu brbagii ilmu kpdaa kita semuaa ..
sama2 semoga manfaat
Cara membenarkan klep yg terbuka gy mana. Sob. .
maksutnya?klep ya memang bisa buka tutup sesuai timingnya.
mungkin bisa direvisi pertanyaannya.
ah lebay ah biasa ath ngejelasinnya
koen iku seng ora mudheng cuk eh cak
rumit
wkwkwk,tak serumit masalah cinta
bahas tentang kenapa motor satria fu 4valve pliss jwb y bg:)
satria fu itu mesinnya DOHC bro, Dual Overhead Camshaft, jadi di situ bisa dipasangin 4 valve.
2 valve in dan 2 valve out.
kalo tanya lagi kenapa DOHC bro?
tanya ke bakul suzukinya aja ya,hehe.
pnjelasan nya singkat , bagus dn mnarik disajikan gmbar animasi gerak,. (y)
syukur kalo bisa membantu